17/06/2024 16:50
NASIONAL

Ini Instruksi Erick Thohir ke Pertamina agar Kebakaran Depo Plumpang Tak Terjadi Lagi

Fokusmedan.com : Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyinggung soal kemungkinan pencopotan jabatan Direksi PT Pertamina (Persero) usai kebakaran hebat yang melanda Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3) malam.

“Kalau saya selalu bilang, kan saya sudah pernah copot Direksi Pertamina. Kalau saya mau copot lagi, ya copot lagi,” ujarnya kepada awak media di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta Selatan, Sabtu (4/3).

Meski begitu, Erick mengaku pencopotan jabatan Direksi Pertamina bukan jaminan untuk mencegah tragedi serupa terulang di kemudian hari. Dirinya menilai perbaikan sistem operasional secara menyeluruh justru lebih penting dari sekadar pencopotan kursi direksi.

“Percuma kita copot orang, tapi tidak memberikan solusi secara menyeluruh. Tinggal bagaimana konteksnya ini ada sistem terpadu yang menyelesaikan isu,” jelasnya.

Erick meminta Pertamina untuk membuat sistem bisnis risiko guna memastikan kegiatan operasional bisnis berjalan lancar. Dengan ini, perusahaan diharapkan tidak hanya fokus untuk sekadar memperkuat risiko keuangan.

“Seperti MIND ID, Pertamina, PLN harus membentuk yang namanya tim resiko bisnis. Tidak hanya keuangan tapi di operasional secara menyeluruh,” ucapnya.(yaya)