30/04/2024 10:05
NASIONAL

Xi Jinping Tulis Surat Terima Kasih Kepada Bill Gates Usai Beri Bantuan Atasi Corona

fokusmedan : Presiden China Xi Jinping menulis surat ucapan terima kasih untuk Yayasan Bill dan Melinda Gates. Surat itu sebagai ucapan terima kasih atas kedermawanan Yayasan Bill dan Melinda Gates dalam mendukung penanggulangan wabah virus corona (Covid-19).

Wabah Covid-19 hingga kini telah menewaskan 2.345 jiwa di China daratan dan menginfeksi lebih dari 76.000 orang, dengan berbagai kasus yang tersebar di lebih dari 25 negara.

Awal bulan ini Yayasan Bill dan Melinda Gates berkomitmen berdonasi hingga US $ 100 juta (sekitar 1,3 triliun rupiah) untuk merespons wabah tersebut.

“Saya sangat menghargai tindakan kemurahan hati dari Yayasan Bill dan Melinda Gates dan surat solidaritas Anda kepada orang-orang China pada saat yang begitu penting,” tulis Xi dalam surat itu, dilaporkan oleh kantor berita resmi Xinhua, dikutip dari sputniknews.com.

“China berada pada momen kritis dalam perang melawan wabah itu,” kata Xi.

Jutaan orang masih terisolasi di provinsi Hubei tengah, tempat virus itu pertama kali muncul, meskipun titik-titik kemunculan baru ditemukan di beberapa penjara dan rumah sakit pada hari Jumat (21/2).

Hampir 400 kasus baru dilaporkan secara nasional di China pada hari Sabtu (22/2) – kurang dari setengah jumlah kasus baru di hari sebelumnya.

“Kami telah mengumpulkan seluruh negara dan mengadopsi serangkaian tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menahan dan mengurangi wabah serta mengobati orang sakit,” tulis Xi.

“Langkah-langkah luar biasa ini memberikan hasil yang substansial,” tambahnya.(yaya)