Kreatif, Begini Cara Warga Eks Kampung Kubur Ubah Kesan Negatif

 

fokusmedan : Kawasan Kampung Sejahtera (eks Kampung Kubur) Jalan KH Zainul Arifin Medan, mulai menggelorakan kegiatan positif.

Melalui semangat bergotong royong, warga disini ingin mengubah images negatif tentang kampung ini menjadi kampung kreatif.

Koordinator, Imran Amry didampingi Aminurasid mengatakan, sejumlah kegiatan positif dilakukan untuk membenahi kampung yang selama ini dianggap berantakan. Selain itu, juga diharapkan dapat menjalin silaturahmi antar warga setempat.

“Sehingga kedepannya kampung kubur yang selama ini imagenya negatif bisa dirubah menjadi kampung yang berinovatif serta kreatif. Saat ini sudah kita awali dengan gotong royong di kampung kita ini, dan gotong royong ini menjadi agenda rutin kita setiap Minggu pagi,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (20/9/2020).

Dia melanjutkan, dalam melakukan program-program positif, masyarakat tetap optimis untuk dunia pendidikan dengan membuat taman baca. Nantinya taman baca ini akan dibuat dengan dana dari swadaya masyarakat.

“Secepatnya ini harus segera direalisasikan. Direncanakan taman baca ini diadakan di Lapangan Badminton, Jalan Taruma, karena lokasi itu dianggap strategis, dengan memanfaatkan tembok sebagai rak bukunya. Taman baca ini juga diharapkan dapat membantu para pelajar,” ucapnya.

Tidak hanya gotong royong dan taman baca buat warga sekitar kampung Kubur, warga lainnya, Adly Nasution mengatakan, pada Sabtu (19/9/2020) malam, warga kampung kubur telah melaksanakan musyawarah untuk menyatukan visi dan misi ke depan.

“Sudah berbagai gagasan dan ide-ide warga kita serap dan ditampung. Selanjutnya semua ide-ide tersebut nantinya akan disortir dan dijadikan program kerja masyarakat untuk membenahi kampung yang aman, bebas narkoba dan kreatif. Mimpi besar warga untuk kampung yang berada di tengah kota ini menjadi kampung yang dapat menghasilkan karya-karya yang bisa dijadikan sebagai pemasukan warga,” katanya.

Sebagai tambahan, Ketua Pembaharuan Muda Mudi Kampung Sejahtera (Pamungkas) Agus Salim menyebutkan, kegiatan positif yang akan dilakukan warga Kampung Kubur yakni, membangun wadah atau legalitas Komunitas Masyarakat Peduli Kampung Kubur.

Kemudian, menciptakan lapangan pekerjaan dengan UMKM, serta banyak lagi program program yang akan dilaksanakan dengan membagi kegiatan tersebut menjadi beberapa tahapan, jangka panjang dan jangka pendeknya.

“Mau kapan lagi kita benahi kampung kita ini, dan kalau bukan kita siapa lagi yang mengurusi kampung kelahiran kita. Maka dari itu, mari sama-sama kita wujudkan mimpi kita ini, demi generasi yang akan datang yang lebih baik,” tandasnya.(riz)