20/06/2024 23:10
EKONOMI & BISNIS

Harga Ayam dan Tomat Turun, Bawang Merah Diproyeksikan Menyusul

Harga tomat pada perdagangan akhir pekan ini turun cukup dalam mencapai Rp2.000 per kilogram.

Fokusmedan.com : Harga tomat pada perdagangan akhir pekan ini turun cukup dalam. Bahkan untuk tomat dengan kualitas rendah, harganya bisa mencapai Rp2.000 per kg nya walaupun realita di lapangan tomat masih berada dalam rentang Rp2 ribu hingga Rp8 ribu dan masih ada pedagang yang menjual Rp7 hingga Rp10 ribu per Kg untuk kualitas tomat super.

Pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin mengatakan, penurunan harga tomat ini bukan menjadi kabar baik. Petani sudah pasti dirugikan, dan konsumen hanya akan diuntungkan sesaat.

“Karena jika penurunan harga tomat ini berlangsung untuk waktu yang lama, akan membuat petani enggan untuk menanam tomat kembali. Sehingga penurunan harga saat ini, justru memunculkan resiko harga akan kembali naik nantinya,” ujarnya, Minggu (2/6/2024).

Selain tomat, lanjut Gunawan, harga ayam juga mulai mengalami penurunan. Dari hasil pemantauan selama libur akhir pekan, harga ayam ditransaksikan turun sekitar Rp1.000 per Kg nya. Harga ayam masih bervariasi, dalam rentang Rp35 hingga Rp38 ribu per Kg sejauh ini.

“Dan saya memperkirakan harga ayam masih berpeluang untuk melanjutkan penurunan di bulan ini,” ucapnya.

Sementara, harga tomat tidak memiliki peluang untuk turun lebih dalam lagi. Namun berpeluang bertahan murah setidaknya dalam kurun waktu 2 hingga 3 pekan mendatang.

Selain dua komoditas tersebut, lanjut Gunawan, harga bawang merah juga berpeluang turun di pekan depan. Pasokan bawang merah dari jawa sudah masuk ke pasar tradisional di wilayah Sumut.

Meskipun jumlahnya belum signifikan, namun harga bawang merah dari Jawa saat ini rata-rata dijual lebih murah (pedagang besar) Rp4.000 dibandingkan dengan harga bawang jelang libur akhir pekan. Dan sangat berpeluang pasokan bawang merah dari jawa mengalami kenaikan di bulan juni ini.

Di sisi lain, harga komoditas lainnya terpantau bergerak stabil diakhir pekan ini. Di mana cabai merah masih berada dalam rentang Rp40 hingga Rp50 per Kg, ikan tongkol dikisaran Rp18 ribu per Kg, ikan dencis Rp21 ribu per Kg, cabai rawit dikisaran Rp25 – Rp35 ribu per kg, bawang putih relatif stabil dengan kecenderungan turun dikisara Rp35 ribu per kg.

Sementara komoditas lainnya bergerak stabil seperti gula pasir, minyak goreng, telur ayam, daging sapi dan beras. (ng)