24/06/2024 10:02
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Nyaman Berkendra, Pahami Arti Hitam dan Putih Asap Knalpot

Fokusmedan.com : Kelalaian dalam memperhatikan perawatan motor kesayangan bisa beresiko menimbulkan masalah teknik pada sejumlah komponen mesin. Salah satunya masalah yang timbul dari knalpot mendadak mengeluarkan asap yang tidak diharapkan,

Biasanya knalpot yang mengeluarkan asap warna putih atau hitam pada motor 4-tak menunjukkan indikasi ada masalah pada komponen mesinnya. Sementara untuk mesin 2-tak knalpot wajib berasap, karena bahan bakar yang masuk ruang bakar campur dengan oli samping.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa warna putih pada knalpot berarti ada masalah pada oli mesin, sementara warna hitam identik dengan pembakaran bahan bakar yang tidak normal. Asap hitam biasanya terjadi karena setelan semburan bahan bakar yang tidak sempurna sehingga terlalu boros. Lalu asap putih penyebabnya oli mesin tercampur dengan bahan bakar saat proses pembakaran karena oil seal klep bocor.

Menurut Erwin Chandra, untuk penanganan asap knalpot berwarna hitam perlu dilakukan pengecekan terhadap sistem pembakaran seperti busi, saringan udara, dan injektor Sementara asap putih karena oil seal klep bocor harus dilakukan penggantian suku cadang. Jika dibiarkan oli mesin bisa habis dan membuat ring piston, seal klep, dan seher baret.

Jika keluar asap putih, maka perlu segera dilakukan cek busi, kalau kering biasanya knalpot kotor dengan oli dan mesin tidak bermasalah. Kalau basah kemungkinan besar penyebabnya oil seal klep bocor dan harus segera diganti dengan yang baru.

Untuk menjaga kondisi motor tetap prima, maka para pengendara sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin sesuai dengan buku panduan yang sudah didapat. Karena Jika sudah terlanjur parah dan knalpot berasap putih, maka untuk penggantian part-nya bisa memakan biaya yang cukup tinggi.

Erwin Chandra menambahkan, sangat disarankan untuk tidak pernah menunda-nunda jadwal untuk melakukan perawatan berkala pada motor kebanggaan. Percayakan pemeriksaan dan perawatan motor di bengkel resmi AHASS, agar seluruh fitur dan komponen pada motor tetap terjaga bersama ahlinya.(ril)