20/06/2024 2:46
SUMUT

Ketua DPD PJS Sumut Motivasi Sahabat BNN Tebing Tinggi

Fokusmedan.com : Introspeksi diri dan sadar bahwa apa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan yang bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi juga keluarga dan orang lain, menjadi poin penting untuk merubah diri agar lebih baik.

Hal ini disampaikan Ketua DPD PJS (Pro Jurnalismedia Siber) Sumatera Utara, Sofyan Siahaan dihadapan Sahabat BNN di Kantor BNN Kota Tebing Tinggi, Minggu (18/2/2024).

“Selama berada di sini, sebaiknya kita merenungkan diri, betapa beruntungnya kita masih diberi kesempatan untuk merubah diri, agar menjadi lebih baik,” kata Sofyan yang didampingi Kepala BNN Tebing Tinggi AKBP Alexander S Soeki, Sekretaris PJS Sumut, Erwin Sinulingga dan Ketua PJS Kota Tebing Tinggi, Nurhakim Sitanggang.

Ia pun menceritakan bagaimana ada saudaranya yang terlibat dalam penyalahgunaan narkotika. “Hidupnya hancur, perusahaan-perusahaan miliknya bangkrut, ia kini hidup seperti gelandangan,” ujarnya lagi.

Karena itu, ia mengajak para Sahabat BNN Gelombang 4 untuk menatap masa depan dengan meninggalkan narkotika. “Memang sulit, tapi semua berpulang dari diri kita, tekadkan hati, jauhkan diri lingkungan yang bisa menjerumuskan kita ke narkoba,” tegasnya.

Untuk itu Sofyan meminta, agar anak anak Sahabat BNN Kota Tebingtinggi yang pada saat ini menjalani program rehabilitasi agar sekembalinya ke rumah segera menjauhi narkoba. Karena menurutnya tidak ada keuntungan yang didapat bagi pengguna narkoba tapi malah sebaliknya kehancuran dan kerusakan malah yang diperoleh.

“Terimakasih kepada Pak Alexander sudah melaksanakan tugas dengan baik, dengan terus menjalankan program SIL.
Binalah mereka pak seperti anak bapak sendiri”,ujar Ketua DPD PJS Sumut ini berharap.

Kemudian Erwin Sinulingga menambahkan dengan menceritakan pengalaman yang dialaminya.

“Saya punya adik yang juga pernah menggunakan narkoba jenis sabu,pernah dihukum satu tahun delapan bulan,adik saya mengaku tidak enak dipenjara. Selama dipenjara ia merenung dan menyesali perbuatannya. Kini dia tobat tidak lagi mau memakai barang haram itu”, imbuhnya.

“Untuk itu buat adik-adikku, kalian masih muda,ganteng dan cantik, jaga diri kalian, jangan mau diperdaya oleh sabu,kasihani orang tua kalian yang sudah membesarkan dan berharap kalian nanti punya masa depan yang baik”, ajaknya.

Hal senada juga disampaikan Nurhakim Sitanggang. Ketua DPC PJS Kota Tebing Tinggi – Sergai yang baru saja terpilih ini menyarankan kepada Sahabat BNN untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui ibadah-ibadah spritual.

Ia meminta agar kawan kawan Sahabat BNN bisa lebih selektif untuk berteman dengan siapa dilingkungan sekitarnya.

“Biasanya narkoba itu kebanyakan digunakan karena pengaruh teman, untuk itu selepas dari sini nanti,pintar pintarlah memilih teman. Berkawan dengan orang jahat, kita pasti ikut jahat. Sebaliknya berteman dengan orang baik kita juga akan ikut baik”,pungkasnya.

Dalam pogram SIL ini menurut AKBP Alexander S Soeki memang mengundang pihak-pihak luar untuk memberikan motivasi dan semangat kepada para Sahabat BNN. “Kita perlu membangkitkan kepercayaan diri mereka agar bisa bangkit dan menjauh dari narkotika,” katanya.

Menurutnya Sahabat BNN ini adalah mereka yang terkena razia narkoba yang kemudian menjalani rehabilitasi di Kantor BNN. Dari pengalamannya merehap lebih dari 200 an pengguna narkoba, hampir seluruhnya bisa keluar dari jeratan barang haram ini.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri, harus butuh dukungan dari stakeholder, keluarga dan masyarakat agar mereka bisa terbebas dari jeratan narkoba,” tutupnya.(ril)