22/06/2024 8:07
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Ini Ban yang Aman saat Berkendara di Musim Hujan

Fokusmedan.com : Seiring adanya pergantian musim, maka penting bagi para pengguna kendaraan roda dua untuk memperhatikan dan merawat berbagai komponen pada motor kesayangannya. Dimana salah bagian penting pada motor yang harus diperhatikan adalah ban, mengingat komponen ini bersentuhan langsung dengan aspal jalan.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa untuk berkendara di musim hujan, pemakaian ban yang tidak sesuai akan berisiko menimbulkan selip saat berkendara. Oleh karena itu, penting memperhatikan jenis ban yang cocok di kala musim hujan. Disarankan memilih ban dengan kembangan atau motif rapat, ban yang memiliki teknologi silica, atau malah ban standar.

Menurut Erwin Chandra, motif pada ban berguna untuk ‘memecah’ air ketika pengendara menerjang genangan akibat hujan. Jadi, motor bisa tetap stabil jika melewati genangan dengan aliran yang tidak terlalu deras. Semakin rapat kembangan, maka semakin tinggi kemampuan ban untuk membuang air yang dilalui di jalan. Dengan demikian, daya cengkram ban terhadap aspal pun semkain bertambah kuat. Namun saat melihat ada aliran air yang deras sebaiknya hindarilah, karena akan ada risiko motor terguling dan akhirnya terseret arus.

Selain itu, ban yang memiliki teknologi silica juga mampu mencengkram permukaan jalan dengan kuat. Oleh karena itu, ban ini dianggap aman digunakan ketika berkendara melalui jalanan yang licin dan basah akibat hujan. Pengendara pun bisa terhindar dari selip ketika sedang berbelok atau menikung.

Cara simple lainnya yaitu dengan tidak mengganti ban, atau tetap setia dengan ban standar rekomendasi pabrikan. Sebab, pabrik ban di Tanah Air biasanya sudah menyesuaikan produksi dengan kondisi jalanan di sini, termasuk ketika hujan.

Erwin Chandra mengungkapkan, berkendara #cari_aman di jalan akan tercipta jika didukung dengan kondisi motor yang prima.Memperhatikan kondisi ban saat berk saat musim hujan, berarti pnegendara peduli tidak hanya dengan kesalamatan.dirinya, namun juga keselamatan pengendara lainnya di jalan. Selain melakukan pengecekan secara mandiri, percayakan perawatan berkala di AHASS bersama ahlinya.(ril)