17/06/2024 18:18
EKONOMI & BISNIS

Sempat Naik Turun Selama Sesi Perdagangan, IHSG dan Rupiah Kompak Ditutup Menguat

Ilustrasi kinerja rupiah terhadap Dolar AS. Antara

Fokusmedan.com : IHSG nyaris menembus level penutupan perdagangan kemarin 7.192 di sesi perdagangan pertama. IHSG pada penutupan perdagangan hari ini naik 0.22% di level 7.207,94.

Setelah sempat menguat hingga ke level 7.247 pada sesi perdagangan pembukaan. Sementara itu, mata uang rupiah juga ditutup menguat tipis di level 15.775 per US Dolar.

Mata uang rupiah pada perdagangan hari ini bergerak di dua zona, sebelum akhirnya ditutup menguat. Tidak seperti biasanya, Rupiah kerap melemah saat menjelang pengumuman bunga acuan the FED.

“Rupiah justru melemah setelah The Fed atau Bank Sentral AS justru kian jauh dari rencana pemotongan suku bunga acuan di Maret mendatang,” kata Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Rabu (31/1/2024).

Gunawan melanjutkan, fokus pelaku pasar kembali pada data data krusial AS yang menjadi tolak ukur bagaimana kebijakan penurunan bunga acuan akan dilakukan. Dan kebijakan penetapan bunga acuan The FED pada perdagangan besok, sekalipun kuat diperkirakan akan tetap mempertahankan besaran bunga acuannya.

Namun, testimoni dari pejabat The FED akan sangat mempengarhui kinerja pasar keuangan di kahir pekan ini.

Sementara itu, harga emas pada perdagangan hari ini ditransaksikan menguat. Emas ditransaksikan di kisaran level $2.038 per ons troy nya. Atau dijual dikisaran harga 1 juta 37 ribu per gramnya. Harga emas yang mengalami penguatan pada hari ini seakan menunjukan bahwa The FED akan bersikap lebih dovish ketimbang sebelumnya.

“Namun jika situasi pada perdagangan besok justru sebaliknya, maka IHSG, Rupiah dan harga emas kembali berpeluang melemah,” pungkasnya. (ram)