22/06/2024 5:55
EKONOMI & BISNIS

Harga Komoditas Pangan Naik, Sumut Diperkirakan Cetak Inflasi di Januari

Harga sejumlah komoditas pangan di Medan dan sekitarnya mengalami kenaikan harga. Ist

Fokusmedan.com : Harga sejumlah kebutuhan pangan strategis masyarakat masih mengalami kenaikan secara bulanan di Januari 2024. Harga beras, telur ayam, daging ayam, minyak goreng, gula pasir, hingga tomat masih terpantau mengalami kenaikan dan dengan kenaikan harga tersebut, Sumut berpeluang mencetak inflasi di bawah 0.2% pada Januari ini.

Harga beras medium di Kota Medan terpantau mengalami kenaikan rata-rata dalam rentang Rp350 hingga Rp400 rupiah per Kg. Untuk harga beras super juga rata-rata terpantau naik dalam rentang yang sama berdasarkan PIHPS dan di lapangan harga beras pada umumnya mengalami kenaikan Rp500 rupiah per Kg.

Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, meskipun tidak semuanya secara serentak mengalami kenaikan yang sama besar, saat ini, harga beras di sejumlah pasar di wilayah Sumut masih bergerak dalam rentang Rp14 ribu hingga Rp16 ribu per Kg nya.

Selain beras, ada minyak goreng curah yang mengalami kenaikan Rp500 hingga Rp1.000 rupiah per Kg nya. Harga minyak goreng curah saat ini banyak ditransaksikan dalam rentang Rp15 ribu hingga Rp16 per Kg nya. Disusul selanjutnya, harga gula pasir yang naik sekitar Rp150 rupiah per Kg dan saat ini ditransaksikan dikisaran Rp16.500 hingga Rp17 ribu per Kg nya.

Telur ayam juga mengalami kenaikan sekitar Rp100 rupiah per butrinya. Daging ayam juga mengalami kenaikan dari kisaran harga 30 ribu per Kg menjadi Rp31 hingga Rp32 ribu per Kg nya. Harga tomat juga terpantau naik dari Rp14 hingga Rp16 ribu di Desember saat ini berada dikisaran Rp18 hingga Rp22 ribu per Kg nya.

Sementara itu, harga cabai merah dan cabai rawit mengalami penurunan di Januari ini. Harga cabai merah anjlok dikisaran Rp35 hingga Rp40 ribu dari sebelumnya sekitar Rp45 ribuan per Kg. Selanjutnya disusul dengan cabai rawit yang anjlok dalam rentang angka yang sama. Disusul harga bawang merah dan bawang putih yang turun sekitar Rp1.000 per Kg. Di mana bawang merah ditransaksikan dikisaran Rp32 ribu per Kg, sementara bawag putih berada dikisaran Rp36 ribuan per Kg.

“Jika melihat perubahan sejumlah harga komoditas pangan tersebut, khususnya wilayah yang paling besaar menyumbang inflasi yakni Kota Medan maka Sumut berpeluang mencetak inflasi di bawah 0.2% pada Januari ini. Selain cabai dan bawang, sejumlah komoditas yang menyumbang penurunan atau deflasi adalah harga tiket pesawat dan harga emas,” pungkasnya. (ram)