14/07/2024 8:28
FOKUS MEDAN

Kapolrestabes Paparkan 5 Program Prioritas Ciptakan Kondusifitas

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Teddy John Sahala Marbun memaparkan 5 program prioritas.

Fokusmedan.com : Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Teddy John Sahala Marbun memaparkan 5 program prioritas. Kapolrestabes Medan memaparkan itu saat menerima kunjungan Wartawan Merah Putih Unit Polrestabes Medan di Ruang Lobi Polrestabes Medan.

“Dalam menjalankan program ini, tentunya butuh keseriusan Polrestabes jajaran, tanpa dukungan dari semua pihak termasuk media ini tidak akan terwujud. Saya tidak risih kalau diberi masukan. Dan akan jadi evaluasi,” jelas Kapolrestabes Medan, Kamis 11 Januari 2024.

Lima program prioritas Kapolrestabes yakni, pertama permasalahan Narkoba. Narkoba yang menjadi musuh bersama harus ditangani all out. Sesuai perintah Presiden, Kapolri dan Kapoldasu. “Saya juga sudah sampaikan kepada Kasat Narkoba setiap minggu harus ada pengungkapan keberhasilan. Apakah gerebek kampung narkoba atau apapun,” jelasnya.

Kedua, tingkat kriniminalitas. Ini jadi prioritas karena dari laporan yang kami terima khususnya untuk pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) terus mengalami peningkatan mulai dari 8, 10, 15 sampai 20 aksi Curanmor terjadi. Saya juga sudah tanya kepada para Kapolsek jajaran apa upaya mereka untuk menanggulangi ini. “Saya punya gagasan untuk para pemilik kendaraan bermotor agar membeli rantai dan gembok untuk kendaraannya. Ini akan menyulitkan para pelaku Curanmor untuk beraksi. Karena kita juga tidak bisa satu-persatu mengamankan pemilik sepeda motor,” sebutnya.

Program prioritas ketiga, masalah kemacetan. Saat ini Pemko Medan sedang melaksanakan pembangunan underpass sebagai salah satu solusi mengatasi kemacetan di Kota Medan. Kita kawal terus proses pembangunan ini.

Kemacetan yang terjadi di 12 titik di Medan, salah satunya disebabkan oleh petugas yang tidak konsisten berjaga dititik macet tersebut. Untuk membantu mengatasi kemacetan, Pemko Medan sudah menyiapkan Air Traffic Control System (ATCS) yang bisa memonitor semua titik kemacetan di Medan.

“Selain itu, saya juga sampaikan kalau Kasat Lantas kurang personel, Polrestabes Medan siap membackup dari personel Polsek. Semua personel juga diminta untuk turun setiap jam macet. Mudah-mudahan dengan banyaknya personel yang turun ke lokasi kemacetan masyarakat akan melihat ada upaya Polrestabes untuk mengatasi kemacetan,” katanya.

Prioritas keempat, komplain masyarakat terhadap kinerja Polrestabes. Komplain ini terjadi, karena ada komunikasi yang terputus jadi ke depannya saya harapkan tidak ada lagi.

Prioritas kelima, masalah Pemilu. Sudah jelas, di Pemilu ini kita netral. Dan untuk pengamanan Pemilu harus terus dilatih guna mengantisipasi kalau ada kejadian kericuhan Pemilu sudah siap.

“Kami juga membuka komunikasi kepada siapa saja dan berupaya untuk merespons cepat apa yang menjadi keluhan masyarakat Kota Medan. Semoga kami juga bisa mengakomodir keinginan masyarakat Kota Medan. (Rio)