17/06/2024 18:12
SUMUT

Pemprov Sumut Raih Penghargaan PR Indonesia Awards 2023

Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus.

Fokusmedan.com : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menerima penghargaan Public Relation (PR) Indonesia Awards 2023. Adapun kategori yang dimenangkan yaitu Terpopupler di Media Cetak dan Online 2022.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus mengatakan penghargaan komunikasi publik yang diraih ini merupakan bentuk apresiasi seluruh jajaran Pemprov Sumut termasuk para ASN dan Non ASN dalam upayanya membentuk citra baik Pemprov.

“Penghargaan ini tentunya tak lepas dari peran dan upaya ASN dan Non ASN Pemprov Sumut yang bekerja melayani masyarakat dengan baik, kami akan terus berupaya bekerja dengan sebaik mungkin untuk rakyat,” kata Ilyas di Halaman Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Rabu (19/4).

Ilyas mengatakan, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi telah mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Sumut Nomor 485.3/16049/2022 tentang penyebarluasan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah di Lingkungan Pemprov Sumut. “Artinya, setiap OPD haruslah melakukan penyebarluasan informasi terutama mengenai pembangunan yang sedang dan telah dilakukan OPD,” kata Ilyas.

Dalam surat edaran tersebut, OPD juga harus aktif memberi penjelasan kepada publik secara rutin. Informasi yang disampaikan mulai dari kebijakan, program, hingga kegiatan rutin. “Dinas Kominfo Sumut sebagai instansi yang memiliki tupoksi kehumasan Pemprov Sumut siap untuk selalu memperkuat penyebarluasan informasi pada masyarakat,” ujar Ilyas.

Selain itu, keterlibatan ASN dan Non ASN pada penyebarluasan informasi atau kehumasan pun sangat penting. Menurut Ilyas, seluruh pegawai Pemprov Sumut merupakan pondasi penting dari kehumasan.

“ASN dan Non ASN merupakan pondasi penting dalam kehumasan, seluruh pegawai harus berperan sebagai humas Pemprov Sumut, mereka mesti bisa menjelaskan mengenai informasi pembangunan instansinya masing-masing,” kata Ilyas.

Dilansir dari prindonesia.co, Senin (17/3), PR Indonesia Awards (PRIA) 2023 merupakan kompetisi public relations terbesar di Indonesia. Pada tahun 2023 ini, PRIA mengusung tema Komunikasi untuk Peradaban Negeri. Metode penilaian pada kategori Terpopuler di Media Cetak dan Online berdasarkan total dan sentimen pemberitaan (exposure) di lebih dari 250 media cetak dan 11.000 media on-line selama rentang waktu 1 Januari 2022 – 31 Desember 2022.

Selain kategori Terpopuler di Media Cetak dan Online 2022 ada juga beberapa kategori lain. Di antaranya kategori Owned Media, Kanal Digital, Manajemen Krisis, Laporan Tahunan, Program CSR, Program PR, dan Departemen PR. (ram)