24/06/2024 10:01
SUMUT

Dirjen Ketenagalistrikan dan Anggota Komisi VII DPR RI Sidak Kesiapan PLN Menyambut Lebaran

Dirjen Ketenagalistrikan dan Anggota Komisi VII DPR RI sidak ke kantor PLN UID Sumut. Ist

Fokusmedan.com : Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P Hutajulu dan Anggota Komisi VII, Hendrik Sitompul sambangi PLN UID Sumatera Utara untuk lakukan sidak kesiapan PLN menyambut Idul Fitri 1444 H di Medan, Selasa (18/4) pukul 09.00 WIB.

Sidak kesiapan PLN menyambut Idul Fitri 1444 H dilakukan di kantor PLN UID Sumatera Utara dan PLN UPDK Belawan yang dihadiri langsung oleh General Manager PLN UID Sumatera Utara Awaluddin Hafid beserta jajarannya, perwakilan PLN UIP3B, Andi Murniawati dan perwakilan PLN Nusantara Power, Harmanto.

Sidak pertama dilakukan di kantor PLN UID Sumatera Utara. GM PLN UID Sumut, Awaluddin Hafid menjelaskan dalam paparannya bahwa dalam menyambut Idul Fitri 1444 H telah mempersiapkan 259 posko siaga kelistrikan yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat yang melintas dan beristirahat sejenak saat mudik idul fitri tahun ini.

Awaluddin Hafid juga menjelaskan bahwa untuk pasokan tenaga listrik di Sumatera Utara sampai dengan tgl 18 April 2023 dalam posisi surplus sebesar 400 MW. Sehingga dipastikan seluruh pelanggan dapat dengan nyaman dan aman menggunakan listrik sebagai sumber energi utama selama perayaan Idul Fitri 1444H berlangsung.

“Beberapa SPKLU telah kami bangun untuk mendukung para pemilik kendaraan listrik yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik. Sebanyak 10 SPKLU di Sumatera Utara telah berhasil kami bangun dan dapat dioperasikan. Para pemilik kendaraan listrik dapat mengetahui lokasi-lokasi SPKLU melalui Aplikasi PLN Mobile Fitur Electric Vehicle,” tambah Awaluddin.

Selesai Awaluddin Hafid menjelaskan, paparan kesiapan PLN menyambut Idul Fitri 1444 H ini dilanjutkan oleh Andi Murniawati Perwakilan PLN UP3BS menjelaskan sistem kelistrikan di Pulau Sumatera khususnya di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh.

Sidak kedua bertempat di Kantor PLN UPDK Belawan, Harmanto Perwakilan PLN Nusantara Power juga menerangkan kemampuan seluruh pembangkit yang ada di Sumatera Utara dan Aceh dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. Pengelolaan pembangkit yang ada saat ini telah dilakukan dengan professional.

“Saya minta ke Pak Awaluddin General Manager PLN UID Sumut agar pelayanan kepada masyarakat betul-betul diperhatikan. Jika terjadi pemadaman karena gangguan agar dieksekusi dengan cepat dan tepat. Satu hal lagi, kita sudah perintahkan kepada PLN agar PLN membantu rumah ibadah jika terjadi gangguan di sisi instalasi selama Ramadhan dan Idul Fitri, walaupun bukan wewenang PLN,” tutur Jisman P Hutajulu saat wawancara di UPDK Belawan.

Selanjutnya Hendrik Sitompul Anggota Komisi VII DPR RI turut menyampaikan apresiasinya kepada PLN UID Sumatera Utara atas kerja kerasnya dalam menjaga pasokan tenaga listrik selama Ramadhan dan menyambut Idul Fitri.

“Saya senang dan bangga melihat kesiapan PLN di Sumatera Utara dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri. Ini menjadi dasar untuk kami sampaikan kepada masyarakat tidak perlu resah dan khawatir karena PLN telah mengeluarkan seluruh sumber daya yang ada dalam menjaga pasokan listrik. Untuk itu kami juga menyampaikan kepada PLN untuk terus konsisten menjaga kehandalan listrik dan kami yakin bahwa PLN akan terus menjaga kelistrikan selama Ramadhan dan Idul Fitri,” ujarnya.

PLN di Sumatera Utara akan terus memantau kondisi kelistrikan secara maksimal. Seluruh sumber daya akan dikerahkan dalam mengemban tugas sebagai satu-satunya BUMN yang mengelola listrik di Indonesia.

Peningkatan layanan melalui teknologi digital sudah dirasakan masyarakat kemudahannya. Sebagai contohnya PLN Mobile yang memuat seluruh layanan PLN dalam satu aplikasi, mulai dari pengaduan/keluhan, pembacaan meter mandiri, pembayaran dan pembelian token dan lain sebagainya.(ng)