16/04/2024 5:03
GAYA HIDUP & KESEHATAN

7 Makanan Ini Pemicu Hipertensi

Ilustrasi cemilan pemicu hipertensi. Ist

Fokusmedan.com : Kondisi hipertensi manusia bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk di antaranya makanan. Hipertensi sendiri merupakan kondisi saat tekanan darah terpantau melebihi batas 130/90 mmHg.

Faktor gaya hidup tidak sehat menjadi salah satu pemicu hipertensi. Selain menumpuk stres, hipertensi juga disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu.

Melansir Healthline di laman CNN, berikut daftar makanan pemicu darah tinggi yang dapat Anda hindari. Dengan menghindari makanan ini, Anda dapat terhindari dari hipertensi seperti yang dialami Indra Bekti.

1. Makanan asin
Makanan asin atau yang kaya kandungan garam merupakan penyumbang utama hipertensi. Pasalnya, natrium yang ditemukan pada garam dapat memengaruhi keseimbangan cairan dalam darah.

Garam mengandung sekitar 40 persen natrium. American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) natrium per hari atau setara dengan 1 sdt garam.

Anda perlu menghindari beberapa makanan asin, kemasan, dan junk food. Makanan-makanan tersebut dikenal akan kandungan natriumnya.

2. Daging olahan
Daging olahan sering kali dikemas dengan sodium. Pasalnya, banyak produsen yang membumbui dan mengawetkan daging dengan garam.

Mengonsumsi hidangan seperti sandwich yang mencampur daging olahan dengan makanan tinggi garam lainnya seperti roti dan keju akan membuat Anda lebih berisiko terkena hipertensi.

3. Camilan tidak sehat
Camilan ringan seperti keripik, biskuit, serta kacang-kacangan mengandung banyak garam. Kandungan garam beserta lemak dan gula yang ada di dalamnya membuat camilan-camilan tersebut jadi adiktif.

5. Gorengan
Untuk menjaga kesehatan jantung, orang harus mengurangi lemak jenuh dan lemak trans. Hal ini terutama berlaku untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Lemak trans adalah lemak buatan yang meningkatkan umur simpan dan stabilitas makanan kemasan. Lemak ini juga dapat juga meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Hal yang sama juga didapat dari lemak jenuh. Kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Gorengan adalah salah satu makanan yang cukup banyak mengandung lemak. Selain gorengan, Anda juga perlu membatasi beberapa produk hewani seperti daging merah.

5. Gula
Gula dapat meningkatkan tekanan darah dengan beberapa cara. Penelitian menunjukkan bahwa gula, terutama pada minuman kemasan, berkontribusi pada penambahan berat badan. Kelebihan berat badan ini bisa memicu darah tinggi.

Tinjauan lain juga menemukan bahwa gula tambahan dapat memberikan efek langsung pada peningkatan tekanan darah.

6. Minuman beralkohol
Konsumsi minuman beralkohol terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah.

AHA merekomendasi tak lebih dari dua gelas minuman beralkohol dalam sehari pada pria dan satu gelas sehari pada wanita.

7. Kafein
Kopi, teh, dan minuman berenergi sering kali disertai dengan kandungan kafein, yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Bagi orang dengan tekanan darah yang sehat, kafein bukanlah masalah. Namun, penderita hipertensi disarankan untuk membatasi asupan kafein.

Itulah beberapa makanan yang bisa memicu kondisi hipertensi. (ng)