Sambut Hari Menanam Pohon Indonesia, Pelindo dan KSI Tanam 1.000 Pohon Endemik di Samosir

Pelindo dan KSI tanam 1.000 pohon endemik di Samosir.

Fokusmedan.com : Dalam rangka menyambut hari menanam pohon Indonesia yang diperingati setiap 28 November, Pelabuhan Indonesia (Pelindo) gelar agenda menanam 1000 pohon endemik di Samosir.

1000 pohon yang ditanam itu tersebar di tiga lokasi di Kabupaten Samosir, di antaranya Desa Wisata Sampeyan di Desa Sigaol Simbolon Kecamatan Palipi, Daerah Parbaba di Desa Siopat Sor-Sor Kecamatan Pangururan, dan Desa Sibea-Sibea Kecamatan Harian.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Khadijah Sharaswaty Indonesia (KSI) itu berlangsung sejak Rabu hingga Kamis, 23-24 November 2022.

Division Head SDM Umum Pelindo Reg I, Kasih Dwiyanti diwakili Head Hukum Humas, dan TJSL Pelindo menerangkan jika kegiatan ini merupakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Pelindo.

“Jadi di TJSL ini ada tiga program yang menjadi fokus kami yakni pendidikan, lingkungan dan UKM,” ujar Fadillah dalam keterangan, Jumat (25/11/2022).

“Hari ini kita bergerak di lingkungan dengan menanam pohon. Dan diharapkan ini tidak hanya menanam tapi juga menumbuhkembangkan pohon yang telah ditanam,” ucapnya melanjutkan.

Selain Samosir, Pelindo juga telah melakukan road show menanam 3500 pohon di sejumlah lokasi seperti Medan Belawan, Patumbak Deli Serdang dan juga Sibolangit.

Tak hanya itu, Pelindo juga ke depan sambung Fadillah, akan melaksanan shelter pembibitan pohon di Kaldera yang akan dilakukan di 8 kecamatan dengan total 120 ribu batang pohon.

Hal senada disampikan Founder KSI, Dewi Natadiningrat. Dirinya berharap setiap pohon yang ditanam, ada sosok ibu asuh yang peduli untuk ikut menjaga dan merawat pohon hingga tumbuh dan bisa dimanfaatkan.

“KSI hanya ingin mengingatkan pohon ini tidak hanya ditanam, namun bagaimana kita semua bisa menjadi orang tua asuh agar bisa menumbuhkan pohon ini,” katanya lagi.

Sementara itu, Yayasan Jadilah Terang Danau Toba, Salon Manik dan Tangguh Pasaribu menegaskan jika yayasan akan bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan Pelindo.

Hadirnya Pelindo dengan program lingkungan lewat penanaman pohon setidaknya memberi sejarah baru.

“Bahwa setiap pohon yang tumbuh ada peran Pelindo di dalamnya,” ucapnya.

Kadis Lingkungan Hidup Samosir, Edison Pasaribu tak kuasa menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pelindo.

“Dengan niat menghijaukan Samosir dan ‘Memanggakan Samosir’ maka jika ada kalimat yang lebih tinggi terima kasih maka itulah yang akan saya sampaikan,” katanya.

“Kendati jarak Medan dan Samosir begitu jauh tapi ada kepedulian besar untuk sama-sama membangun dan mengembangkan Kota Pariwisata di Samosir. Semoga Pelindo terus konsisten untuk mendukung kami,” ujarnya.

Sebelumya, komitmen yang sama juga hadir dari Kelompok Sadar Wisata Sigaol Simbolon, Goksan Simbolon.

Goksan berjanji akan menjaga dan merawat pohon demi cita-cita bersama mengembangkan Desa Wisata Sigaol Simbolon.

“Tentu sangat terkesan, karena Pelindo hadir pertama sejak dikukuhkan sebagai Desa Wisata Sigaol Simbolon. Terima kasih buat Pelindo yang sudah memberi perhatian. Mohon ini menjadi awal kebersamaan kita membangun desa ini lebih berkembang di bidang pariwisata,” ucapnya. (ng)