17/05/2024 22:05
SUMUT

BMKG Prediksi Wilayah Medan dan Binjai Dilanda Hujan Petir Malam Ini

 

Ilustrasi petir. Net

Fokusmedan.com : Prakiraan cuaca untuk wilayah Sumatera Utara (Sumut), Jumat 2 September 2022 hari ini, diperkirakan hujan deras masih akan terjadi.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, hujan berpeluang terjadi pada siang dan malam hari.

“Kondisi cuaca pada pagi hari ini berawan,” kata Prakirawan BMKG Medan Martha Rosefina Manurung kepada wartawan, Jumat (2/9/2022).

Ia mengatakan pada siang hari kondisi cuaca umumnya terjadi hujan hampir merata di seluruh wilayah Sumut. Suhu udara berkisar 16 hingga 31 derajat celcius, kecepatan angin maksimum 20 km/jam.

“Pada malam hari beberapa daerah berpeluang diguyur hujan lebat diantaranya yakni Tarutung, Sipirok, Kabanjahe, Kisaran, Rantau Prapat, Sidikalang, Balige, Panyabungan, Sibolga dan Tanjung Balai,” ungkap Martha.

Lebih lanjut Prakirawan menyampaikan Kota Medan, Binjai, Stabat dan Lubuk Pakam, berpeluang diguyur hujan lebat disertai petir.

menyampaikan, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah Sumut mengenai kondisi cuaca ekstrem, pada Kamis hari ini.

“Waspada hujan lebat disertai petir di pantai timur, lereng timur, pantai barat, lereng barat, dan pegunungan yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir,” tukasnya.

Penyebab Hujan Lebat
Diketahui, dalam sepekan terakhir kondisi cuaca hujan lebat dengan durasi yang cukup lama terjadi di Sumut.

BMKG menyampaikan kalau cuaca ekstrem ini dipengaruhi tingginya curah hujan di Sumut disebabkan adanya belokan angin dan daerah pertemuan angin (Konvergena).

“Kemudian MJO (Madden Julian Oscillation) berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan, ditambah kondisi udara di lapisan atas labil dan adanya potensi penguapan (penambahan massa uap air) di Samudera Hindia Barat Sumut,” ungkap Kepala BMKG Medan Hendro Nugroho.

Berdasarkan analisis tersebut, BMKG menyampaikan maka wilayah Sumut berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Kondisi ini juga berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

“Dengan durasi yang lama dan cakupan wilayah yang luas yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi (banjir bandang longsor, angin kencang dan gelombang tinggi),” katanya.

Menyikapi kondisi tersebut di atas, BMKG meminta agar para pemangku kepentingan dan seluruh komponen masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan terjadinya bencana hidrometeorologi di wilayah Sumut.(Rio)