Ukraina Perlu Waktu 10 Tahun untuk Membersihkan Wilayahnya dari Ranjau Rusia

Fokusmedan.com : Pejabat badan kedaruratan Ukraina menyampaikan, negara itu memerlukan waktu sekurang-kurangnya 10 tahun untuk membersihkan semua ranjau darat dan bahan peledak dari wilayah daratan dan perairannya ketika perang dengan Rusia telah usai.

Sampai saat ini, Ukraina telah berhasil membebaskan 620 kilometer persegi daratannya yang dipenuhi ribuan bahan peledak, termasuk 2.000 bom yang dijatuhkan dari udara. Tapi hampir 300.000 kilometer persegi masih dinilai “terkontaminasi” atau menyimpan ranjau darat maupun peledak. Luas ini setara dengan setengah wilayah Ukraina, dan seluas Italia.

“Sampai 10 tahun, itu angka (perkiraan) optimis. Karena kami tidak tahu apa yang terjadi di wilayah-wilayah di mana pertempuran aktif sedang berlangsung saat ini,” jelas juru bicara Badan Kedaruratan Negara Ukraina, Oleksandr Khorunzhiy, dalam konferensi pers, dikutip dari laman Al Arabiya, Minggu (26/6).

“Bayangkan saja jumlah bom yang dijatuhkan pada kami oleh musuh,” lanjutnya.

Khorunzhiy menambahkan, prioritas pertama adalah membebaskan infrastruktur, kawasan permukiman, dan jalan-jalan dari ranjau dan bahan peledak. Namun, lanjutnya, perlu waktu lebih lama untuk membersihkan hutan, sungai, dan pesisir.(yaya)