15/07/2024 17:47
NASIONAL

Kemenkes : Usai Divaksin Covid-19, Butuh Sebulan Ciptakan Kekebalan Tubuh

Fokusmedan.com : Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan, seseorang yang baru menerima satu kali suntikan vaksin Covid-19 masih bisa terpapar Covid-19. Alasannya, sekali suntikan vaksin Covid-19 belum bisa membentuk kekebalan tubuh manusia.

“Untuk mengingatkan bahwa vaksin apabila satu kali disuntikkan dosisnya tidak bisa membuat kebal 100 persen terhadap Covid-19,” ujarnya melansir Merdeka.com, Selasa (26/1/2021).

Kementerian Kesehatan melalui covid19.go.id menjelaskan, butuh dua kali penyuntikan vaksin Covid-19 untuk membentuk kekebalan tubuh. Sementara proses pembentukan kekebalan tubuh yang efektif membutuhkan waktu satu bulan.

“Butuh waktu satu bulan untuk menciptakan kekebalan yang efektif bagi tubuh,” tulis Kemenkes.

Kementerian Kesehatan juga menjelaskan, makna dua kali penyuntikan vaksin Covid-19. Suntikan vaksin Covid-19 pertama berfungsi memicu respons kekebalan awal. Sedangkan suntikan vaksin Covid-19 kedua untuk menguatkan respons imun yang terbentuk.

Kementerian Kesehatan mengatakan, seseorang yang dinyatakan positif terinfeksi setelah vaksinasi menunjukkan sudah terjangkit Covid-19. Namun, saat vaksinasi Covid-19 dilakukan seseorang tersebut sedang dalam masa inkubasi.

“Itu artinya saat divaksinasi seseorang tersebut sudah terpapar atau terinfeksi Covid-19 dan sedang dalam masa inkubasi,” demikian penjelasan Kementerian Kesehatan.(ng)