Kabar Trump Dibolehkan Pulang ke Rumah Buat IHSG dan Rupiah Menguat

fokusmedan : Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,65% di level 4.958,77. Kinerja IHSG menguat seiring dengan kinerja indeks saham global yang mengalami penguatan salah satu pemicunya adalah kabar mengenai diperbolehkannya Presiden AS Donald Trump untuk pulang ke rumah setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit.

Sementara itu, pelaku pasar tengah mencermati perkembangan RUU Cipta Kerja yang akan disahkan oleh DPR. DPR dijadwalkan akan mengesahkan RUU Ciptakerja yang membuat investor untuk lebih mengambil sikap wait and see terlebih dahulu.

Di sisi lain, mata uang rupiah turut diperdagangkan menguat pada perdagangan hari ini. Rupiah menguat di level 14.745 per US Dolar.

“Kinerja mata uang rupiah menjadi salah satu mata uang yang paling kuat di Asia pada pedagangan hari ini,” kata Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Senin (5/10/2020).

Pekan ini, lanjutnya, masih ada beberapa sentimen yang dirilis seperti data manufaktur di sejumlah negara besar. Akan tetapi data tersebut belum sepenuhnya akan menopang kinerja pasar keuangan dalam waktu dekat ini.  Pasar keuangan masih begerak volatile.

Volatilitas pasar keuangan bisa saja memburuk, seandainya aksi demonstrasi RUU Ciptaker justru memburuk.

“Namun kita tidak mengharapkan itu semua. Selama aksi demonstrasi berjalan lancar, saya menilai pasar keuangan akan merespon positif nantinya,” pungkasnya.(ng)