Secara Mengejutkan IHSG naik 2%, Rupiah Menguat di 14.835

fokusmedan : IHSG secara mengejutkan mampu ditutup menguat 2,05% seiring dengan membaiknya kinerja bursa di Eropa pada sesi pembukaan, dan bursa AS sebelumnya juga ditutup menguat sekalipun ditengah debat Capres dengan tensi yang cukup tinggi. Namun, stimulus di AS yang sepertinya sudah mendekati pasti menjadi kabar baik bagi kinerja indeks saham.

AS diyakini akan lebih kuat menghadapi tekanan ekonomi seandainya stimulus yang tengah diperselisihkan tersebut benar-benar terealisasi. IHSG pada perdagangan hari ini ditutup di level 4.970,09.

“Pasar saham masih dibanjiri oleh aksi beli investor lokal. Mengingat ada banyak kabar positif yang berkembang saat ini. Terlebih jika kita melihat perkembangan temuan vaksin yang mengalami kemajuan pesat belakangan ini,” kata Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Kamis (1/10/2020).

Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah juga ditutup menguat pada perdagangan hari ini. Rupiah menguat di level 14.835 per US Dolar. Kinerja mata uang Rupiah memang masih akan diuntungkan dengan program paket stimulus di AS tersebut.

“Tetapi di pasar saham, investor domestic harus tetap berhati-hati, karena investor asing hanya membukukan pembelian tipis,” pungkasnya.(ng)