25/04/2024 10:31
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 Pandemi Tidak Halangi Honda Cetak Generasi Bekualitas

fokusmedan : PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) bersama dengan PT Astra Honda Motor menyeleksi 23 tenaga pengajar unggul dan kreatif dari 23 SMK TBSM Astra Honda di wilayah Sumut dalam gelaran Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 yang berlangsung sejak periode Agustus s/d September 2020.

Seleksi yang ketat menghadirkan keseruan pada pelaksanaan Final Kontes Kreativitas Mengajar Guru SMK TBSM Astra Honda yang berlangsung secara daring pada 25-26 September 2020. Diikuti oleh 6 tenaga pengajar, Suryaman Amipriono,S.Pd., guru dari SMK N 2 Binjai berhasil terpilih sebagai guru terbaik dan berkesempatan mewakili wilayahnya untuk maju ke kontes SMK tingkat nasional yang juga akan dilakukan secara daring pada Oktober mendatang.

Sementara itu posisi kedua berhasil diraih oleh Risman Laia, tenaga pengajar yang berasal dari SMK N 1 Armandraya Nias, dan Raja Sanubari yang berasal dari SMK PAB 1 Helvetia. Antusias luar biasa juga turut ditampilkan tiga tenaga pengajar lainnya yang ikut berkompetisi, sebut saja Muhammad Zulham dari SMK N 1 Stabat, Mari Benni dari SMK Citra Harapan-Deli Serdang, dan Rahmadika SMK PABA Binjai.

Seleksi Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online sendiri merupakan salah satu upaya meneruskan komitmen Honda untuk memastikan kualitas guru yang mumpuni agar semakin adaptif dan kreatif dalam memberikan materi ajar melalui proses pembelajaran jarak jauh yang sedang diterapkan saat ini.

Dimana Para guru ditantang untuk menyajikan materi yang menarik, ringkas, dan mudah dipahami siswa dalam proses belajar mengajar yang tidak melibatkan interaksi fisik secara langsung. Gestur, intonasi, dan pemilihan bahasa mengajar yang jelas, lugas, juga menjadi tantangan besar.

Selama berkompetisi, point penilaian yang diberikan pada para guru meliputi penguasaan materi yang disajikan, kemampuan mengintergasikan berbagai sumber mengajar, pemanfaatan waktu yang baik selama proses belajar mengajar, dan teknik mengajar yang mudah untuk dipahami.

Erwin Chandra, Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy yang bertindak sebagai salah astu juri pada kompetisi ini mengungkapkan, Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online merupakan salah satu upaya Honda menjaga

Komitmen untuk tetap fokus dalam pengembangan dunia Vokasi pada masa Pandemi Covid 19 dengan fokus ke pembelajaran online. Pihaknya juga berharap kompetisi ini mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni sebagai modal utama mencetak siswa-siswi SMK berkualitas di bidang otomotif roda dua walaupun dengan metode daring.

Leo Wijaya, VP Director PT Indako Trading Coy mengungkapkan, upaya meningkatkan Kompetensi Guru TBSM Astra Honda tentunya berjalan seiring dengan perkembangan teknologi sepeda motor Honda.

” Selamat kepada para guru terbaik. Dengan Semangat Satu Hati, mari bersama kita lahirkan para generasi juara yang berkualitas, bermental baja, dan juga berani menjawab tantangan dunia kerja di masa depan, “ ujar Leo Wijaya.

Hingga Agustus 2020 , SMK TBSM Astra Honda sudah Hadir di 19 Kab / Kota di Sumatera Utara dengan Jumlah 48 Sekolah, dengan total Guru Produktif sebanyak 293 orang baik Negeri maupun Swasta. Sedangkan Guru yang berkesempatan untuk ikut dalam kompetisi ini merupakan guru produktif pada Program Studi Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda, status Guru sebagai pengajar di sekolah tersebut, dan lolos seleksi dari tingkat sekolah sampai tingkat regional.(ril)