Satgas Covid-19: Utamakan Protokol Kesehatan, Vaksin Belum Jaminan Kebal Corona

fokusmedan : Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan, adanya vaksin belum tentu menjamin kekebalan manusia terhadap virus Corona. Sebab menurutnya, uji vaksin membutuhkan waktu dan proses yang tidak singkat.

“Perkembangan ilmu pengetahuan dalam pengembangan vaksin juga berjalan, dan sampai dengan sekarang belum ada hasil yang mengatakan vaksin akan memberikan proteksi atau kekebalan selama beberapa lama,” katanya dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Selasa (1/9).

Dia menambahkan, perkembangan penularan virus Corona terkini menemukan bahwa orang yang sudah terinfeksi ternyata tetap berpotensi masih bisa terinfeksi ulang. Oleh sebabnya, memulai adaptasi kebiasaan baru menjadi kunci.

“Satu-satunya untuk dapat melindungi masyarakat dalam beraktivitas sosial ekonomi, proteksi pertama adalah pencegahan, paling utama menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Wiku menyatakan, dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dan membiasakan ketiga hal itu maka kebiasaan baru kolektif di seluruh masyarakat Indonesia, semakin mendukung langkah proteksi.

“Berubah secara kolektif itu adalah proteksi kita semua. Vaksin sedang berkembang dan diharapkan menjadi proteksi berikutnya dari masyarakat di seluruh dunia dan Indonesia,” tutupnya.(yaya)