Perkuat Kelistrikan, PLN UIW Sumut Tandatangani COD PLTM Sion dengan PT Citra Multi Energi

Penandatanganan kerjasama. Foto Ist

fokusmedan : PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara terus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai salah satu sumber tenaga listrik. Per Juni 2020 bauran EBT di Sumatera Utara sebesar 42% dari total sumber energi dan dari 42% tersebut 22,3% bersumber dari energi air.

Komitmen ini terwujud dengan penandatanganankan berita acara Commercial Operation Date (COD) PLTM Sion berkapasitas 2 X 5 MW antara PLN UIW Sumatera Utara dan PT Citra Multi Energi, pada 27 Agustus 2020 di Kantor PLN UIW Sumatera Utara.

Dengan penandatangan ini, PLTM yang berlokasi di Dusun Hutajanji, Desa Sion Selatan Kec. Parlilitan Kab. Humbang Hasundutan tersebut secara resmi telah masuk ke sistem PLN untuk memperkuat kelistrikan Sumatera Utara.

Baca Juga : Pemerintah Kaji Penggunaan CPO untuk Pembangkit Listrik Diesel

Masuknya PLTM Sion ini diperkirakan dapat meningkatkan potensi saving pembelian listrik PLN sebesar Rp13 miliar per tahun.

Proses kerjasama PLN dan PT Citra Multi Energi dimulai dengan penadatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Listrik (PJBTL) pada 2 Agustus 2017 yang aktif pada 26 Juli 2018.

General Manager PLN UIW Sumatera Utara, M Irwansyah Putra menyampaikan apresiasi atas partisipasi PT Citra Multi Energi dalam mengingkatkan pemanfaatan EBT.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kepedulian dan peran serta pengembang, dalam hal ini PT Citra Multi Energi untuk meningkatkan penggunaan energi yang ramah lingkungan,” katanya melalui siaran pers, Selasa (1/9/2020).

Direktur Utama PT Citra Multi Energi  B. Dwiadji Indratoto menyampaikan terimakasih atas dukungan PLN hingga PLTM Sion dapat beroperasi dan memperkuat sistem kelistrikan Sumatera Utara.

“Sebuah proses panjang dan tidak mudah namun berkat dukungan semua pihak terlebih PLN, syukur pada hari ini PLTM Sion dapat beroperasi,” tutupnya.(ng)