19/05/2024 7:34
NASIONAL

5 Perampok nasabah bank ditangkap , 1 tewas

fokusmedan :  Lima pelaku perampokan nasabah bank lintas Provinsi diringkus personel Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimsus) Polda Sumut.

Salah seorang pelaku berinisia T yang ditangkap meninggal dunia karena diberi tindakan tegas terukur lantaran melawan dan berusaha melukai petugas saat dilakukan pengembangan. Sedangkan empat peaku lainnya berinisial T (Tewas), A, DC, H dan S.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin menyampaikan, para pelaku ini melakukan aksi perampokan di kawasan Karo, Labuhan Batu, Simalungun, Siantar.

“Kasus terakhir mereka terjadi di Siantar, di mana nasabah bank yang merupakan karyawan Waskita baru saja pulang mengambil uang dari salah satu bank,” sebutnya saat menggelar konferensi di RS Bhayangkara TK II Medan, Jumat (28/8).

Ia menjelaskan, pasca mendapatkan laporan perampokan ini, pihaknya langsung membentuk tim khusus untuk melakukan penelusuran.

“Kelima pelaku ini diamankan dari Hotel Mutiara Kandis Provinsi Riau,” jelasnya.

Berdasarkan hasil interogasi, lanjutnya, para pelaku mengakui segala perbuatannya. Sedangkan pelaku atas nama Suwarto tidak ikut dalam aksi pencurian di Sumut, melainkan di Provinsi Sumatera Barat.

Pada saat dilakukan pengembangan terhadap pelaku lainnya di wilayah Kota Pematang Siantar, kelimanya melakukan perlawanan sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur, dan menyebabkan seorang pelaku diantaranya tewas.

“Terhadap pelaku atas nama Suwarto, karena tidak ikut terlibat aksi perampokan di Sumut maka akan diserahkan ke Polda Sumbar,” tuturnya.

Dalam pembagian hasil, para tersangka mendapatkan nominal yang berbeda-beda dan hasilnya ditransfer kepada keluarga masing-masing. Saat ini, sambung dia, pihaknya masih melakukan upaya pengejaran terhadap Jimmy (DPO), yang berperan memasang paku pada mobil calon korban dan Mang No yang ikut melakukan pencarian terhadap nasabah Bank di Rantau Prapat.

“Dari aksi kejahatan ini juga turut diamankan barang bukti sepeda motor, jaket, paku, dan sebuah senjata api rakitan,” pungkasnya.(riz)