26/04/2024 2:14
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Gelar Pelatihan, Honda Perkuat Kualitas Tenaga Ajar SMK

fokusmedan : Jika berbicara tentang pendidikan, maka kualitas guru menjadi salah satu komponen penting yang menentukan kualitas pendidikan. Menyadari pentingnya peran guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mandiri, maka PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) kembali berupaya meningkatkan kualitas guru dengan menggelar aktivitas Training Online yang dilakukan secara virtual pada 4-5 Agustus 2020.

Pada training yang berlangsung di Indako Development Center (IDC) yang berlokasi di Jl, Adam Malik Medan ini Honda memberikan pembekalan pada para guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaannya sesuai dengan kompetensi dan teknologi yang ada di motor Honda. Pembekalan modul dasar Guru kali juga merupakan batch kedua setelah sebelumnya sukses digelar pada pekan lalu.

Dibimbing Instruktur terlatih Erwin Chandra dan Feri Panji, selama dua hari berturut-turut, para guru SMK dipuaskan dengan sejumlah materi yang dipastikan akan sangat bermanfaat mendukung tugas mereka dalam melakukan proses belajar mengajar dengan para siswanya. Seperti halnya materi terkait transmisi otomatis, sitem bahan bakar, sistem pengapian pada sepeda motor, dan pembahasan mendalam tentang teknologi PGM FI.

Guna meningkatkan pemahaman terkait materi yang diberikan, maka para peserta juga ditunjukkan tentang bagaimana praktek langsung terkait bagaimana menggunakan alat ukur, praktek wiring dan warna kabel, dan praktek pengapian, serta pengisian yang langsung dilakukan oleh para instruktur teknikal terlatih Honda.

Antusias para peserta juga terlihat jelas melalui aktifnya mereka mengajukan berbagai pertanyaan dan melakukan diskusi terkait materi yang diberikan. Semangat para peserta juga semakin meningkat dengan give away menarik yang diberikan Honda pada masing-masing peserta.

Erwin Chandra, Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy mengungkapkan, training ini merupakan wujud nyata dari komitmen Honda dalam peran sertanya untuk berkontribusi memajukan dunia pendidikan.

Di era new normal ini, training online diharapkan dapat menjadi sarana yang tepat untuk melakukan transfer ilmu dan teknologi Honda dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat bermanfaat pada peningkatan kualitas pendidikan di SMK, khususnya untuk jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

Sementara itu Leo Wijaya, VP Director PT Indako Trading Coy mengungkapkan bahwa guru memiliki peran dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembanguna bangsa dan melahirkan generasi-generasi yang berkualitas untuk masa depan.

“Melalui aktivitas ini, Honda berupaya berkontribusi mendukung upaya pemerintah untuk menyiapkan para tenaga ajar yang mumpuni dan berkualitas, sehingga mampu melahirkan generasi muda unggul, mandiri dan siap bersaing dalam menghadapi perkembangan teknologi mesin sepeda motor secara professional, “ ujar Leo Wijaya.(ril)