18/04/2024 10:44
NASIONAL

Kapolda Sumut dukung destinasi wisata Danau Toba, Ini 3 programnya

fokusmedan : Saat menggelar pertemuan dengan Forkopimda serta tokoh masyarakat Kabupaten Toba, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin menyampaikan dukungannya destinasi wisata Danau Toba dengan tiga program.

Tiga program yang disampaikan Kapolda Sumut pada Kamis (23/7) malam antara lain, memerangi narkoba, perjudian dan HIV/Aids.

“Saya bicara benar, meski itu pahit. Di kampung kita ini ketiga hal tersebut sudah masuk. Jadi jangan biarkan anak-anak kita terlibat dalam musuh kita ini. (Karena) salah satu syarat destinasi wisata adalah harus aman dan nyaman,” sehutnya kepada wartawan.

Ia menyampaikan, bahwa dalam Pilkada 2020 di Kabupaten/Kota di Provinsi Sumut, Polda Sumut siap memberikan keamanan kepada masyarakat. Dia juga memastikan bahwasanya anggota netral dalam Pilkada nanti.

Begitu pula, lanjutnya, masyarakat Kabupaten Toba harus ikut berkompetensi untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik.

Sementara itu, Bupati Toba Darwin Siagian mengaku, situasi keamanan di kabupaten yang dipimpinnya dalam keadaan baik. Masyarakat Toba berterima kasih kepada Istri Mendagri Tito Karnavian, Tri Suswati yang telah ikut memperjuangkan Danau Toba menjadi Caldera Geopark.

“Kami terus berkoordinasi dengan Forkopimda. 2 tahun lalu ibu Tri Suswati Tito, memperjuangkan danau toba jadi geopark (dan) sudah diakui dunia,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan tokoh masyarakat Kabupaten Toba, JMP Sitorus berharap perhatian dari Kapolda Sumut untuk memperhatikan Danau Toba.

“Presiden telah memutuskan zona otorita Danau Toba. Kiranya program ini benar-benar berjalan dengan perhatian Kapolda,” katanya.

Selain itu dia juga meminta Kapolda dapat menyikat habis kecurangan saat Pilkada 2020. Sebab, menurut dia, selama Pilkada yang sudah lewat banyak budaya di Kabupaten Toba dirusak oleh para calon pemimpin. (riz)