DPR Pastikan RUU Omnibus Law dan HIP Tidak Disahkan di Sidang Paripurna

fokusmedan : Mahasiswa dan buruh berunjuk rasa ke gedung DPR untuk menghentikan RUU Omnibus Law Cipta Kerja dan mencabut RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, memastikan, bahwa DPR tidak akan mengesahkan RUU Omnibus law dan RUU HIP menjadi Undang-Undang pada rapat paripurna siang ini.

“Kami sudah sampaikan kepada tokoh-tokoh masyarakat, dan alim ulama yang meminta info kepada kami bahwa tidak benar hari ini dikabarkan rapat paripurna ada dua pengesahan RUU, yaitu RUU HIP dan RUU Omnibus Law,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/7).

Oleh karena itu itu, Dasco mengimbau kepada masyarakat maupun tokoh dan alim ulama mengecek lebih dulu isu-isu yang beredar di tengah masyarakat sehingga membuat situasi tidak kondusif.

“Saya pastikan tidak ada pengesahan RUU HIP menjadi UU dan atau RUU Omnibus Law menjadi UU Omnibus Law itu tidak ada,” kata Politikus Gerindra¬†itu.

Untuk diketahui, Buruh Bersama Rakyat (Gerak) dan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar ujuk rasa pada Kamis (16/7) ini. Tuntutannya untuk mencabut RUU HIP dan menghentikan pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja.(yaya)