18/05/2024 10:04
NASIONAL

Diduga Buntut Polemik Dirjen Bimas Katolik, Sekjen Kemenag Dikabarkan Dicopot

fokusmedan : Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) Nur Kholis dikabarkan dicopot dari jabatannya oleh Menteri Agama Fachrur Razi. Pencopotan Nur Kholis lantaran tengah menjalani pemeriksaan di internal Kemenag.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi belum merespons pesan singkat maupun telepon dari merdeka.com, saat dikonfirmasi terkait kabar pencopotan Nur Kholis itu. Sedangkan Kabiro Humas Kemenag Suhaili enggan menjawab resmi kabar pencopotan Nur Kholis.

“Informasi itu bukan resmi dari humas, itu mungkin dari mana sumbernya saya tidak tahu. Ini hari libur. Jadi saya tidak bisa memberikan komentar karena tidak resmi dari humas,” kata dia, saat dikonfirmasi, Sabtu (22/2).

Sementera itu, anggota Komisi 8 Ali Taher membenarkan kabar pencopotan Sekjen Kemenag tersebut. Dia menyebut Nur Kholis dicopot sejak pekan lalu.

“Benar, dari sisi administarsi dicopot dari minggu lalu,” katanya saat dihubungi.

Saat ini, pengganti Sekjen adalah Prof Nizar yang sebelumnya menjabat dirjen perjalanan haji dan umroh (PHU). Sudah ada Pltnya, Prof Nizar direktur jenderal PHU,” tandasnya

Seperti diketahui, nama Nur Kholis jadi sorotan saat menjabat Plt Dirjen Bimas Katolik. Hal itu menimbulkan kontroversi lantaran Kholis seorang muslim. Komisi VIII DPR pun memanggilnya untuk dimintai keterangan.(yaya)