20/04/2024 7:48
NASIONAL

PDIP Sebut Elektabilitas Gibran dan Bobby Nasution Meningkat

fokusmedan : Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan pihaknya terus memantau putra serta menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, yang hendak maju sebagai calon wali kota di Solo dan Medan. Sejauh ini keduanya dianggap memiliki tren elektoral yang meningkat.

“Kalau dari survei memang Mas Bobby elektoralnya cenderung melejit,” kata Hasto, Rabu (19/2).

Dia menyarankan Bobby untuk belajar kepada kepala daerah dari PDI Perjuangan, seperti Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. “Jadi diam-diam Mas Bobby sudah belajar bagaimana kepemimpinan yang efektif, yang baik dari kepala daerah PDI Perjuangan,” imbuhnya.

Begitupun dengan Gibran yang menurut Hasto, juga memperlihatkan tren elektabilitas yang terus meningkat. “Ada antusiasme bagi anak-anak muda untuk bergabung mendukung,” ujar Hasto.

Megawati Belum Buat Keputusan Final

Namun, Hasto mengatakan bahwa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri memang belum membuat keputusan final soal pencalonan keduanya di pilkada. Walau demikian, DPP PDIP akan terus menyiapkan pemetaan politik dan survei politik, untuk menjadi bahan bagi Megawati sebelum mengambil keputusan.

Kata Hasto, pada saatnya PDIP akan mengumumkan calon kepala daerah yang diusung untuk wilayah Solo dan Medan.

“Untuk Kota Solo, Bali dan Kota Makassar akan dilakukan secara terpisah. Kemudian Kota Medan dan Kota Surabaya akan diumumkan secara terpisah. Nanti ada beberapa gelombang. Ya gelombang yang baik,” tandas Hasto.(yaya)