PSMTI Medan dan Kemenpora Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19

Kegiatan webinar PSMTI Medan dan Kemenpora. Ist

fokusmedan : Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Medan bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar acara Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) secara virtual melalui aplikasi zoom, Kamis lalu. Dr Million Polfan menjadi narasumber kegiatan itu.

Kegiatan webinar PSMTI Medan dan Kemenpora tersebut juga diikuti sebanyak 325 orang dari masyarakat umum dan mahasiswa STIE Eka Prasetya. Kegiatan ini turut diikuti Anggota DPR RI, dr Sofyan Tan, Anggota DPRD Sumut, Rudy Hermanto, Ketua PSMTI Medan, Johan Tjongiran SH, OKK PSMTI Medan, Bobby Christian Halim, ST,SH.

Dalam penjelasannya yang di sampaikan oleh narasumber, masyarakat diingatkan tentang cara memakai masker yang baik dan benar sesuai protokol kesehatan. Masker harus dikenakan menutupi hidung, mulut hingga ke dagu.

“Memakai masker yang baik adalah menutupi hidung mulut dan sampai dagu. Jangan ditaruh di dagu, lalu kita naikkan lagi,” kata Dr Million Polfan melalui siaran tertulis, Senin (26/10/2020).

Dr Million Polfan menyadari masyarakat harus tetap diingatkan soal pemakaian masker yang baik meski pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung lebih dari 7 bulan. Karenanya, kampanye memakai masker tidak cukup hanya sekedar mengajak orang untuk menggunakan masker.

“Kembali lagi, bukan hanya pakai masker, tapi pakai masker yang baik dan benar. Sebab seringkali masker dipakai hanya menutupi mulut saja,” ucapnya.

Untuk itu sebut Million Polfan, masyarakat harus membiasakan disiplin memakai masker secara baik dan benar. Juga harus diingatkan soal pentingnya memakai masker saat bekerja, bepergian, berolahraga, berbelanja dan sebagainya.

Untuk melindungi diri sekaligus menahan penyebaran virus corona, sebut Million Polfan, masyarakat dapat melakukan hal-hal berikut, yakni cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jika tidak bisa mencuci tangan, bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

Kemudian hindari menyentuh area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut sebelum membersihkan tangan, jangan keluar rumah jika merasa kurang sehat atau memiliki gejala flu. Hindari atau batasi kontak fisik dengan orang lain. Jika memungkinkan, usahakan berada pada jarak setidaknya satu meter dengan orang lain.

“Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu atau siku bagian dalam ketika batuk atau bersin. Jika Anda menggunakan tisu, segera buang tisu Anda,” tegasnya.

Selain itu, bersihkan barang-barang yang sering Anda gunakan dengan disinfektan, seperti gawai atau handphone, laptop, meja, dan lainnya.

“Mari kita terapkan gaya hidup sehat, mulai dari pola makan, olahraga, serta hindari begadang untuk menjaga kekebalan tubuh Anda,” papar Dr Million Polfan.

Sebelumnya Ketua PSMTI Medan, Johan Tjongiran SH dalam sambutannya mengatakan, kegiatan webinar ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 yang akan dilakukan PSMTI Kota Medan melalui kecamatan dan kelurahan untuk menyalurkan bantuan.

Adapun bantuan yang akan disalurkan tersebut yakni, tempat cuci tangan, masker, sabun, hand sanitizer, brosur hingga spanduk sosialisasi.

“Semuanya itu akan kami salurkan kepada masyakarat yang betul-betul memerlukannya. PSMTI Kota Medan sangat berbangga hati mendapatkan kepercayaan dari Kemenpora RI. Melalui perjuangan dari Sofyan Tan sehingga keluarga besar PSMTI Kota Medan dapat ikut ambil bagian dalam perjuangan menghadapi kondisi pandemi. Keluarga besar PSMTI Kota Medan menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi atas bantuan dr Sofyan Tan yang juga Dewan Pakar PSMTI Sumut,” ucap Johan Tjongiran.(ng)