LPS Beberkan Risiko Penyebab Pengetatan Likuiditas Perbankan Tahun ini

fokusmedan : Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengungkapkan beberapa faktor yang berpotensi menjadi pemicu pengetatan likuiditas perbankan. Salah satunya adalah adanya tekanan dari bank kelas menengah.

“Di sisi lain masih terdapat faktor risiko di perbankan yang masih berpotensi menyebabkan pengetatan likuiditas antara lain adanya tekanan likuiditas pada sebagian bank kelas menengah yang lebih ketat dibanding kelompok bank besar dan kecil,” kata Ketua Dewan Komisioner LPS, Halim Alamsyah, di Kantornya, Jakarta, Jumat (24/1).

Kemudian, LPS melihat risiko selanjutnya muncul dari belanja pemerintah yang dinilai terbatas karena masih di awal tahun. Namun, dia menegaskan secara keseluruhan stabilitas sistem keuangan (SSK) tetap terjaga seiring membaiknya kinerja pasar keuangan serta adanya sinyal positif dari faktor eksternal.

Sementara itu, risiko likuiditas periode Januari Maret 2020 diperkirakan stabil. Adapun faktor yang potensial menyebabkan likuiditas stabil antara lain adalah posisi dan arah kebijakan otoritas moneter terbuka untuk melanjutkan strategi operasi moneter dan makroprudensial yang akomodatif.

“Pertumbuhan kredit yang diperkirakan masih rendah di kuartal I- 2020 sehingga dapat mengurangi kebutuhan likuiditas bank,” ujarnya.

Kemudian adanya rencana pemerintah tidak akan melakukan front loading atau penarikan utang besar di awal tahun serta meredanya volatilitas pasar keuangan di tengah optimisme hasil perundingan dagang AS-China dan tensi geopolitik Timur Tengah yang membaik akan membantu capital inflow.(yaya)