18/07/2024 8:43
INTERNASIONAL

Punya 16 Jalur, Jalan Ini Menjadi Rekor Jalanan Terlebar di Dunia

Fokusmedan.com : Jalan di Argentina dengan lebar 140 meter, menjadi rekor jalan terlebar di dunia. Simak faktanya berikut ini!

Sebuah jalan raya yang sangat lebar di Argentina telah menarik perhatian dunia. Jalan ini memiliki 16 jalur dan telah menetapkan rekor baru sebagai jalan terlebar.

Keberadaan jalan ini tidak hanya meningkatkan efisiensi transportasi, tetapi juga menjadi lambang kemajuan infrastruktur. Selain itu, dapat mengurangi kemacetan di kota-kota besar.

Namun, di balik kemegahannya, jalan ini juga menimbulkan tantangan bagi para pejalan kaki. Melintasi 16 jalur kendaraan bukanlah tugas yang mudah dan memerlukan keberanian untuk menyeberangi jalan yang sangat lebar dan sibuk ini.

Awal Pembangunan Jalan Terlebar di Dunia

Buenos Aires, Argentina, dikenal sebagai ‘Paris Amerika Selatan.’ Untuk memperkuat reputasi ini, pemerintah setempat memutuskan membangun infrastruktur yang terinspirasi dari Champs Elysee di Paris.

Namun, mereka merasa bahwa sekadar meniru tidak cukup. Mereka menginginkan sesuatu yang lebih besar dan lebih mengesankan.

Oleh karena itu, mereka membangun jalan raya perkotaan yang melintasi pusat kota dengan lebar dua kali lipat dari jalan raya di Prancis.

Proses Pembangunan Jalan

Pembangunan jalan ini merupakan proyek besar yang memerlukan waktu hampir lima puluh tahun untuk diselesaikan.

Namun, pada tahun 1980, pembangunan jalan Avenida 9 de Julio akhirnya rampung. Jalan ini masih menyandang gelar sebagai ‘jalan terlebar di dunia’.

Menciptakan ruang untuk jalan raya yang lebih luas dibandingkan jalan lainnya di pusat kota metropolitan adalah tantangan besar.

Proyek ini menyebabkan pembongkaran 60.000 meter persegi real estate perkotaan dan ribuan penduduk harus mengungsi demi menyelesaikan pembangunan tersebut.

Membutuhkan Waktu yang Lama untuk Menyebrang

Jalan ini memiliki total 16 jalur dari satu sisi ke sisi lainnya, ditambah empat jalur tambahan untuk bus umum, satu area pusat pejalan kaki, dan tujuh trotoar di antara jalur mobil, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk melintasinya.

Seorang TikToker baru-baru ini mengunggah video yang menunjukkan dirinya berjalan dari satu sisi Avenida 9 de Julio ke sisi lainnya.

Dia memerlukan waktu 4 menit 17 detik, meskipun dia mengaku berjalan lebih cepat dari biasanya. Waktu tersebut termasuk seluruh waktu yang dia habiskan untuk menunggu di lampu lalu lintas.

Menjadi Rekor Jalan Terluas di Dunia

Menariknya, Avenida 9 de Julio mengklaim gelar ‘jalan terluas di dunia’ dengan bantuan dari dua jalan tambahan lainnya.

Di sebelah timur, terdapat Jalan Carlos Pellegrini, sementara di sebelah barat adalah Jalan Cerrito.

Kedua jalan ini berfungsi sebagai lajur tambahan, sehingga lebar keseluruhan dari keenam lajur tersebut digunakan untuk mengukur lebar Avenida 9 de Julio.

Tanpa lajur tambahan tersebut, lebar jalan ini hanya mencapai 120 meter, dibandingkan dengan lebar resmi yang ditetapkan, yaitu 140 meter.(yaya)