24/06/2024 0:14
EKONOMI & BISNIS

Pasar Keuangan di Tanah Air Kompak Melemah, Rupiah Sentuh 15.700 Per US Dolar

Ilustrasi kinerja IHSG. Ist

Fokusmedan.com : Mayoritas bursa saham di Asia pada perdagangan pagi ini ditransaksikan di zona merah. Sementara itu, bursa di AS juga ditutup melemah pada pedagangan sebelumnya. Kinerja pasar saham di luar secara keseluruhan mengindikasikan adanya tekanan pada IHSG dan pada IHSG ditransaksikan melemah tipis di kisaran level 7.326.

Sementara itu, kinerja mata uang rupiah terpantau kembali mengalami pelemahan dikisaran level 15.680 per US Dolar. Namun tidak berselang lama, mata uang Rupiah melanjutkan pelemahan dan menyentuh 15.700 per US Dolar.

“Kinerja pasar keuangan masih dibayangi sentimen negatif, setelah rilis data PDB AS Q4 untuk estimasi yang kedua (QoQ) realisasinya lebih lambat dari ekspektasi sebelumnya,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Kamis (29/2/2024).

Di sisi lain, katanya, pelaku pasar juga tengah menanti rilis data inflasi AS serta menunggu data indeks manufaktur China di akhir pekan. Dua agenda ekonomi besar tersebut akan menjadi penggerak pasar pada perdagangan akhir pekan ini. Sehingga pelaku pasar akan lebih berhati-hati menjelang rilis data ekonomi penting tersebut.

Harga emas ditransaksikan menguat pada perdagangan pagi ini di kisran level $2.035 per ons troy nya. Kinerja harga emas mengalami pemulihan, seiring dengan kembali melemahnya imbal hasil US Treasury pada sesi perdagangan waktu AS yang sempat melemah di kisaran level 4.27%. (ram)