20/06/2024 2:23
NASIONAL

Jokowi Rencanakan Berkantor di IKN: Saya Tunggu Bandara dan Tol Jadi

Fokusmedan.com : Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah berencana untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur..

Rencana itu akan direalisasikan apabila bandara dan jalan tol menuju kawasan itu selesai dibangun.

“Saya nunggu airport-nya jadi jalan tol jadi. Kalo jalan tol jadi, airport (bandara) jadi (berkantor di sini),” kata Jokowi usai melakukan grounbreaking sejumlah bank di Kawasan IKN, Kalimantan Timur, Kamis (29/2).

Menurut dia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan terlebih dulu pindah ke IKN. Jokowi menyebut Basuki akan mulai berkantor di IKN pada pertengahan tahun 2024. “Pak Basuki Juni, Juli. Pak Basuki Juli (berkantor di IKN),” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono siap pindah ke Ibu Kota Nusantara pada Juli 2024.

Kepindahan ini seiring dengan selesainya sejumlah infrastruktur di IKN, seperti rumah tapak untuk menteri dan rumah susun (rusun) untuk ASN.

Pernyataan Menteri Basuki Hadimuljono atau yang akrab dipanggil Pak Bas ini disampaikan saat bincang-bincang dengan generasi muda Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR di Jakarta, Jumat (2/2).

“Siapa yang mau pindah ke IKN? Siapa yang sudah pernah lihat IKN? Saya nanti akan pindah bulan Juli ke sana. Ada yang mau ikut?” kata Basuki kepada para ASN seperti dikutip dari Antara.

Pemerintah berencana memindahkan 3.245 ASN dari 37 kementerian/lembaga ke IKN pada tahap pertama, yang akan dilaksanakan Juli hingga November 2024.

Kementerian PUPR saat ini sedang menyiapkan hunian 1.740 unit hunian rumah susun (rusun) untuk menampung para ASN tersebut.(yaya)