17/06/2024 13:10
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Hemat Biaya, Jangan Lalai Rawat Motor Kesayangan

Fokusmedan.com : Sebagai solusi berkendara yang efektif dan efesien menjadikan motor primadona para penakluk kemacetan. Dimana motor menjadi moda transportasi yang lebih praktis dan lincah di jalan jika dibandingkan kendaraan lainnya.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan bahwa dengan motor yang prima, maka kenyamanan berkendara akan menjadi milik pengendara. Namun sayangnya masih banyak pengguna motor yang hanya tau cara mengendarainya, tanpa memahami bagaimana cara merawat motornya dengan baik dan benar hingga menyebabkan biaya perawatan menjadi membengkak.

Menurut Erwin, agar motor selalu prima dalam segala situasi dan kondisi, maka ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat motor agar awet dan hemat biaya dalam perawatannya. Pertama, sebaiknya memanaskan motor sebelum digunakan pada pagi hari. Dimana memanaskan mesin tidak lebih dari 2 menit untuk menghindari bahan bakar terbuang sia-sia.

Tips yang kedua, sebaiknya menggunakan bahan bakar yang berkualitas mengingat sejumlah mesin dari sejumlah produk terbaru telah dirancang dengan teknologi injeksi yang hemat bahan bakar. Dengan performa motor yang terjaga dari sisi bahan bakar minyak, maka dipastikan bisa menghemat biaya servis.

Cara yang ketiga, sebaiknya motor selalu dicuci secara bekala, baik menggunakan air atau sekadar dilap dengan kain basah. Dimana pembersihan ini tidak hanya bertujuan untuk mendukung penampilan motor saja, namun untuk menjaga kebersihan di area mesin ataupun kampas rem. Gunakan sabun khusus untuk mencuci motor, dan pastikan menyemprotkan air dengan kencang di bagian yang berdebu supaya tidak meninggalkan goresan ketika digosok.

Sedangkan yang keempat, paparan sinar matahari yang terus-menerus bisa memicu terjadinya retakan di area kaca speedometer motor, dan juga bisa mengubah warna body motor jadi cepat pudar dan kusam. Karena itu biasakan mencari lahan parkir yang teduh atau tutup dengan kain supaya motor terlindungi dari paparan UV.

Erwin Chandra menambahkan, untuk mendapatkan biaya perawatan yang lebih hamat, maka para pengguna motor sudah seharusnya memiliki pengetahuan untuk melakukan perawatan secara mandiri, dan disempurnakan dengan perawatan berkala yang dilakukan bersama ahlinya di bengkel resmi AHASS sehingga performa motor dapat selalu prima.

Untuk memenuhi kebutuhan para pecinta roda dua, Honda bersama AHASS se-Sumatera Utara sendiri selalu berupaya untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan pada layanan servis AHASS. Dimulai dari layanan Booking Servis, Pit Express yang memberikan layanan servis bebas antri, hingga layanan AHASS Servis Kunjung (ASK) yang memberikan layanan servis motor terbaik di rumah.(ril)