24/06/2024 1:39
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Pahami Penyebab Motor Mati Mendadak untuk Kenyamanan Berkendara

Fokusmedan.com : Saat sedang berkendara dengan motor di jalan, pengalaman tidak menyenangkan bisa saja terjadi kapan dan dimana saja, salah satunya motor kesayangan mati mendadak alias mogok. Jika pernah, jangan pernah panik, namun kewaspadaan tingkat tinggi sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan tetap #cari_aman.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy mengungkapkan, jika terjadi motor mati mendadak ketika digunakan tentunya sangat membahayakan tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga pengendara lainnya. Karena itu, penting bagi pengendara untuk memahami penyebab motor mati mendadak agar dapat terhindar dari reiko yang lebih fatal.

Menurut Erwin, penyebab motor mati mendadak bisa sangat beragam, dan yang paling umum adalah dikarenankan terdapat komponen motor yang sudah rusak sehingga tidak bekerja dengan baik. Pertama, harus dipastikan ketika motor mati mendadak adalah ketersediaan bahan bakar. Dimana ada kondisi dimana indikator bahan bakar tidak berfungsi sehingga pengendara tidak bisa melihat level bahan bakar pada tangki motornya.

Kedua, penting untuk memeriksa kondisi pompa bahan bakar yang memiliki fungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki menuju ke injector di mesin dengan tekanan yang tinggi. Apabila pompa tidak beroperasi maka proses pembakaran di ruang bakar mesin tidak akan terjadi, sehingga mesin tidak bisa beroperasi.

Ketiga, berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar pada ruang bakar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mesin.menjadikan injector kendaraan menjadi sangat penting untuk diperhatikan.Ada kalanya injector kendaraan bisa tersumbat karena adanya zat asing yang terbawa oleh bahan bakar.

Keempat, busi merupakan komponen yang berfungsi untuk memercikkan api pada saat kompresi agar proses pembakaran bisa terjadi, karenanya busi harus tetap dijaga pada kondisi yang ideal. Pemeriksaan dan penggantian busi harus rutin dilakukan untuk mencegah kendaraan mati mendadak akibat tidak adanya pengapian pada ruang bakar.

Kelima, jika filter udara kotor maka akan berdampak pada suplai udara ke mesin dan akan menyebabkan tenaga mesin tidak optimal atau bahkan bisa menyebabkan mesin mati. Filter udara sendiri berfungsi untuk menyaring dan memastikan udara yang masuk ke ruang bakar harus terbebas dari partikel debu dan kotoran.

Keenam, apabila aki motor soak dan tidak segera diganti maka akan berdampak pada performa dari pompa bahan bakar. Dimana tegangan yang diberikan menjadi tidak optimal sehingga apabila dibiarkan secara berlarut-larut dapat merusak pompa bahan bakar kendaraan.

Erwin Chandra menambahkan, bahwa #cari_aman di jalan tidak cukup diciptakan hanya dengan pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas saja, namun kondisi motor yang prima juga menjadi salah satu pendukungnya. Karena itu, baiknya lakukan pemeriksaan dan perawatan motor secara rutin di bengkel AHASS terdekat bersama ahlinya.(ril)