23/06/2024 17:55
EKONOMI & BISNIS

Euforia Terjadi pada Pasar Keuangan, IHSG dan Rupiah Menguat Tajam

Ilustrasi kinerja IHSG. Ist

Fokusmedan.com : Kinerja bursa saham di Asia mayoritas di transaksikan di zona hijau. Tentunya menjadi kabar baik bagi pasar saham domestik, di mana IHSG bisa juga ikut menguat.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, ditambah lagi efek dari terselenggaranya Pemilu yang damai, juga akan menjadi katalis positif bagi kinerja pasar saham di tanah air.

IHSG pada sesi perdagangan dibuka dengan kenaikan yang sangat tajam di level 7.340. Di sisi lain, kinerja mata uang Rupiah juga menguat cukup signifikan di kisaran level 15.545 per US Dolar di sesi perdagangan pagi ini.

“Euforia di pasar keuangan tanah air tengah terjadi. Investor menilai tidak ada perubahan yang mendasar dari kebijakan pemerintah kedepan, mengingat hasil quick count menghitung capres 02 (yang berada dalam pemerintahan dan akan melanjutkan program pemerintah) unggul dari pasangan lainnya,” ujarnya, Kamis (15/2/2024).

Sementara itu, pasar keuangan di Asia pada dasarnya tengah dibayangi oleh memburuknya kinerja ekonomi di Jepang yang merealisaikan pertumbuhan negatif atau terkontraksi. Ekonomi Jepang tumbuh -0.4% pada kuartal keempat 2023, setelah sempat diproyeksikan tumbuh 1.4% sebelumnya.

“Memburuknya ekonomi di Eropa menjadi kabar buruk bagi pasar keuangan secara keseluruhan. Meskipun tidak begitu berpengaruh kepada kinerja pasar keuangan di tanah air,” terangnya.

Namun yang mengejutkan adalah harga emas mengalami koreksi yang cukup dalam pada perdagangan pagi ini. Harga emas ditransaksikan melemah di level $1.993 per ons troy nya. Jauh berbeda dengan kinerja harga emas sehari sebelum Pemilu, dimana masih sempat bertahan di level $2.026 per ons troy nya.

“Secara keseluruhan, harga emas yang melemah tersebut memberikanindikasi bahwa The FED kian mundar dari eskpektasi untuk menurunkan besaran bunga acuannya,” pungkasnya. (ram)