20/06/2024 3:53
SUMUT

Masyarakat Kepulauan Nias Diajak Terus Perkuat Ketahanan Pangan

Pj Gubernur Sumut Hassanudin pada kegiatan ‘Sumut Menanam’ di Desa Ononamolo, Gunungsitoli.

Fokusmedan.com : Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengajak masyarakat Kepulauan Nias untuk terus memperkuat ketahanan pangan. Ia pun mengapresiasi Pemerintah Kabupaten/Kota di Kepulauan Nias, yang saat ini sedang menggalakkan pertanian masyarakat, khususnya bahan pangan.

Di Nias Utara, Pemerintah, Babinsa dan masyarakat bekerja sama mengelola kebun rakyat, dengan komoditas cabai. Di Gunungsitoli, saat ini masyarakat juga sedang menggalakkan penanaman padi.

“Dari segi pangan kita tahu di sini masih belum mencukupi, kegiatan ini salah satu upaya untuk mengantisipasinya, kalau di sini menanam padi, tadi di Nias Utara ada cabai, kita berupaya terus memperkuat ketahanan pangan kita,” kata Hassanudin pada kegiatan ‘Sumut Menanam’ di Desa Ononamolo, Gunungsitoli, Kamis (25/1).

Pada kesempatan ini, Hassanudin juga menyalurkan bantuan berupa alat-alat pertanian, pupuk dan bibit. Bibit padi misalnya, untuk sawah seluas 500 Ha, bibit cabai 5 Ha dan kacang hijau 30 Ha.

Program penguatan ketahanan pangan ini juga dilakukan di sekolah-sekolah di Nias, salah satunya di SMK Negeri 2 Tuhemberua, Nias Utara. Dia berharap, ini semua menjadi stimulus perkembangan pertanian di Kepulauan Nias.

“Kita kelola dengan baik, sehingga semakin banyak masyarakat kita yang bertani dan ketahanan pangan Kepulauan Nias semakin baik,” kata Hassanudin, yang didampingi Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin.

Plt Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli menyampaikan, irigasi serta akses jalan juga jadi penghambat perkembangan pertanian di wilayahnya. Dia berharap, Pemprov Sumut dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan, tetapi kami juga memohon untuk aksesibilitas, karena di daerah ini ada sungai yang membelah lahan mayasarakat, kami harap Pemprov mau membangunkan jembatan,” kata Sowa’a Laoli. (ng)