20/06/2024 2:56
NASIONAL

Airlangga Sebut BLT El Nino akan Diperpanjang Sampai Juni 2024

Fokusmedan.com : Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino di Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (6/1).

BLT El Nino tersebut berupa beras 10 kilogram. Bantuan diberikan kepada 2.200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan tujuan menjaga daya beli masyarakat di tengah dampak fenomena El Nino.

“Daya beli masyarakat bisa terbantu. Jadi dana yang seharusnya untuk membeli beras bisa dialihkan untuk memberi kebutuhan pokok lain yang bisa mendorong perekonomian,” kata Airlangga.

Airlangga menjelaskan, beras yang disalurkan kepada masyarakat termasuk kategori aman untuk dikonsumsi. Selain beras, pemerintah juga memberikan BLT Rp200.000 per bulan.

Secara keseluruhan, dana yang disiapkan untuk BLT mencapai Rp7,52 triliun dengan sasaran 18,8 juta KPM.

Airlangga juga berencana untuk memperpanjang program ini hingga Juni 2024.

“Bantuan ini sangat dirasakan manfaatnya. Maka akan diperpanjang dan diperluas wilayahnya seperti Yogyakarta dan Tambora, Jakarta,”┬ájelas Airlangga.

BLT El Nino merupakan bagian dari penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP) yang menyasar 22,4 juta KPM.

Penyediaan beras oleh Perum Bulog dan distribusinya dilakukan oleh PT Pos Indonesia (Persero).

BLT El Nino diberikan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga akibat musim kemarau panjang.(yaya)