20/06/2024 4:02
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Jangan Ditunda, Jika ini Terjadi Segera Meluncur ke AHASS

Fokusmedan.com : Kepraktisan kendaraan roda dua menjadikannya solusi pada kebutuhan akan armada yang mampu menunjang mobilitas harian masyarakat. Karena selain dapat memangkas biaya transportasi harian, dengan motor kebanggaan juga akan banyak peluang berharga yang bisa dimanfaatkan.

Erwin Chadra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa kehadiran sepeda motor sebagai solusi berkendara yang praktis dan efisien tidak diiringi dengan pemahaman para pengguna motor akan kebutuhan kendaraannya, sehingga kondisi motor pun akhirnya sering terabaikan,

Menurut Erwin, sebenarnya ada sejumlah tanda yang seharusnya sudah dipahami pata pengendara untuk sergera melakukan perawatan pada motornya. Pertama, ketika pagi hari motor tidak bisa dinyalakan menggunakan electric starter, maka dapat mencoba kick starter. Namun apabila masih sulit menyala, maka motor perlu mnedapat perbaikan dari ahlinya.

Tanda selanjutnya, jika pengendara mengalami motor mati ketika gasnya di lepas atau kecilkan, maka hal tersebut juga menjadi salah satu tanda motor harus segera di servis. Selain itu, ketika muncul suara aneh seperti berderik atau berdesing dari mesin saat motor dihidupkan juga dapat menjadi pertanda.

Tanda lainnya juga dapat diketahui dari tarikan awal yang berat saat posisi gigi 1 sehingga dapat dirasakan bahwa kecepatan maksimum tidak bisa tercapai. Selain itu perpindahan gigi yang tida mulus dan muncul sentakan saat mengoper gigi juga menandakan motor tidak baik-baik saja.

Hal lain yang menunjukkan lain motor sudah perlu diservis adalah asap yang keluar dari motor. Dimana, ketika muncul asap putih biasanya ada masalah pada piston, sedangkan bila yang muncul adalah asap hitam biasanya yang bermasalah adalah bagian karburator. Terakhir, tanda lainnya dapat dketahui dengan pengecekan pada jumlah kilometer, dimana harus mengingat angka kilometer terakhir servis, sehingga dapat dihitung dengan menambahkan 2000 km.

Erwin Chandra menambahkan, bahwa melalukan perawatan berkala pada motor kesayangan di tempat yang tepat tentunya akan memberikan segudang manfaat. Karena tidak hanya akan menjadikan motor prima dan mendukung #cari_aman di jalan, namun juga dapat melindungi keselamatan dan banyak hal berharga dalam hidup.(ril)