21/05/2024 7:11
INTERNASIONAL

Bos OpenAI Sam Altman Dipecat, Ini Penyebabnya

Fokusmedan.com : Sam Altman sudah tidak lagi menjadi CEO OpenAI setelah dewan perusahaan meninjau kinerjanya.

Alasannya karena kurangnya konsistensi dan kejujuran dalam komunikasinya dengan dewan, yang dianggap mengganggu kemampuannya memimpin OpenAI.

Menurut laporan The Verge hari ini, Sabtu (18/11), Chief Technology Officer Mira Murati akan mengambil peran sebagai CEO sementara menggantikan Sam Altman.  OpenAI juga akan mencari pengganti permanen untuk posisi tersebut.

Pengumuman ini juga menyatakan bahwa salah satu pendiri OpenAI, yang juga menjabat sebagai presiden, yaitu Greg Brockman, akan mundur dari posisinya sebagai ketua dewan direksi.

Namun, ia tetap akan terlibat di dalam perusahaan. Kejutan dari pengumuman yang tiba-tiba ini telah menimbulkan kehebohan di kalangan komunitas kecerdasan buatan (AI).

Microsoft Tetap Setia

CEO Microsoft, Satya Nadella, juga menyampaikan pernyataan sejenis di platform X. Meskipun terjadi perubahan kepemimpinan di OpenAI, Microsoft tetap memusatkan perhatian pada kerjasama jangka panjang.

Begitu pula Microsoft tetap memberikan dukungan terhadap perjalanan OpenAI dalam membawa era kecerdasan buatan berikutnya kepada pelanggan.

Perlu dicatat bahwa Sam Altman, salah satu pendiri OpenAI, memiliki rekam jejak yang cukup lama di dunia kecerdasan buatan (AI).

Sebelumnya, ia sempat dikabarkan sedang membahas kemungkinan pembuatan iPhone untuk AI bersama mantan kepala desain Apple, Jony Ive, meskipun klaim tersebut dibantah.

Altman juga memiliki peran sebagai pemegang saham terbesar di Humane, sebuah perusahaan yang baru-baru ini meluncurkan produk inovatif terbaru mereka, Humane AI Pin.

Sebelumnya, Altman menjabat sebagai co-chair di OpenAI bersama Elon Musk. Namun, kemudian Elon memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan dan mendirikan perusahaannya sendiri, yaitu xAI.(yaya)