Dukung Pengembangan Industri Pertambangan, Trakindo Luncurkan CAT 333 Next Generation Excavator

Trakindo luncurkan produk CAT 333 Next Generation Excavator. Ist

Fokusmedan.com : PT Trakindo Utama (Trakindo) sebagai penyedia solusi alat berat Caterpillar di Indonesia, senantiasa terus memahami akan berbagai kebutuhan pelanggan demi kemajuan bisnisnya. Berangkat dari komitmen tersebut, mendorong Trakindo untuk hadir lebih dekat dengan pelanggan melalui rangkaian Trakindo Roadshow 2023 di Kota Medan.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan peluncuran unit terbaru Cat 333 Next Generation Excavator guna mendukung pengembangan industri pertambangan, khususnya di wilayah Sumatra.

General Manager Sumatra Area Trakindo, Palti Timeyer Hutajulu mengatakan, Trakindo Roadshow 2023 ditargetkan dapat mencakup wilayah barat hingga timur Indonesia dengan pelaksanaan di lima kota besar Indonesia, meliputi Medan, Yogyakarta, Makassar, Pontianak dan Samarinda.

“Kota Medan menjadi pembuka dalam rangkaian Trakindo Roadshow 2023 yang disertai peluncuran unit terbaru CAT 333 Next Generation Excavator yang handal dalam pekerjaan dan hemat bahan bakar untuk memberikan produktivitas tinggi, khususnya pada sektor pertambangan,” ujar Palti di Trakindo Branch Medan, Jl Medan-Pematang Siantar, KM 9 Medan Amplas, Kamis (25/5/2023).

Menurut Palti, Pulau Sumatra merupakan salah satu wilayah penghasil batu bara di Indonesia yang memiliki potensi cukup tinggi. Tercatat bahwa sumatra memiliki 55,08 miliar ton sumber daya batu bara, dengan jumlah cadangan hingga 12,96 miliar ton.

Selain batubara, katanya, pulau Sumatra juga memiliki berbagai potensi pada sektor pertambangan lainnya, mulai dari minyak bumi, gas alam, mangan, hingga belerang.

“Melalui penyelenggaraan Trakindo Roadshow 2023 di Kota Medan yang disertai peluncuran unit terbaru Cat 333 Next Generation Excavator ini, Trakindo berharap bisa menjawab kebutuhan pelanggan akan unit excavator dengan performa terbaik yang bisa mendukung kemajuan bisnisnya, sekaligus turut berkontribusi dalam pengembangan industri pertambangan, khususnya di wilayah Sumatra,” terang Palti.

Selain itu, dalam pelaksanaan rangkaian Trakindo Roadshow, Palti menjelaskan bahwa tahun ini dibuat dengan format yang berbeda yaitu dimulai pada sore hingga malam hari atau selepas waktu kerja pelanggan sehingga mereka bisa lebih santai berdiskusi mengenai kebutuhannya.

“Dilengkapi dengan dukungan video mapping dan light show yang atraktif membuat pelanggan bisa lebih mudah memahami seluruh solusi yang diberikan Trakindo, membuat Trakindo Roadshow menjadi One Stop Shop dalam menjawab berbagai kebutuhan pelanggan di setiap wilayahnya,” terang Palti.

Sementara, Product Manager LHEX & LTTT Trakindo, Aswin Achmadi‚Äč menerangkan, CAT Excavator 333 sendiri merupakan jenis excavator kelas 30 ton yang memiliki kapasitas keranjang atau bucket capacity terbesar di kelasnya yaitu 2,6 kubik. Kapasitas tersebut masih menjadi yang terbesar, bahkan jika dibandingkan dengan kelas di atasnya, yaitu excavator 35 Ton.

Di mana, kata dia, kapasitas bucket yang lebih besar tersebut memungkinkan kekuatan penggalian meningkat 15% yang membuat pelanggan mampu memaksimalkan produktivitasnya. Produk ini juga dilengkapi dengan heavy duty boom dan stick, serta frame atas dan frame bawah, yang dirancang dengan arsitektur Next Gen dan memiliki commonality parts (khusus filtration system) dengan tipe ekskavator Next Gen lain.

“Dari sisi bahan bakar, Cat 333 memiliki fuel garansi 23 liter per jam, yang akan mengoptimalkan produksi pelanggan dan dilengkapi dengan Smart Mode yang memungkinkan penghematan bahan bakar hingga 10 persen. Selain itu, CAT 333 juga memiliki konfigurasi Super Long Reach boom (SLR), Cat 333 SLR adalah fitted from factory dan tidak memerlukan modifikasi, sehingga memiliki durabilitas yang baik dan after sales support yang lebih baik,” pungkas Aswin. (ng)