18/04/2024 15:02
EKONOMI & BISNIS

Pelaku Pasar Wait and See, Kinerja Pasar Keuangan Bergerak Sideways

Ilustrasi kinerja IHSG. Ist

Fokusmedan.com : Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Rupiah dan harga emas ditutup di zona merah pada perdaganganhariini, Rabu (24/5/2023). Meski demikian pelemahan kinerja masing-masing sangat terbatas, seiring dengan sikap pelaku pasar yang masih akan mencerna fokus kebijakan Bank sentral AS nantinya.

Analis pasar keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, sejauh ini pembicaraan terkait dengan penambahan pagu hutang di AS juga belum menuai hasil. Sehingga pasar keuangan pada dasarnya masih dalam bayang-bayang tekanan.

Untuk IHSG selama perdagangan hari ini bergerak sangat terbatas, dan belum mampu menjauh dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Sejumlah emiten di pasar saham pada pekan ini lebih banyak digerakkan oleh harga komoditas. Namun sayangnya harga komoditas seperti batu bara, dan sawit di pekan ini bergerak sideways dengan kecenderungan melemah.

“Ini yang membuat kinerja sejumlah emiten berbasiskan komoditas tidak mampu menjadi pendorong penguatan bursa saham di pekan ini,” ujarnya.

IHSG ditutup di zona hijau atau naik 0.14% di level 6.745,8, setelah seharian diperdagangkan di dua zona. Sementara untuk kinerja mata uang rupiah juga mengalami pelemahan dikisaran 14.910 per dolar AS. Kinerja Rupiah jelang minutes FOMC menunjukan bahwa pasar masih mengkuatirkan kemungkinan kenaikan suku bunga acuan yang akan di ambil The FED pada pertengahan Juni mendatang.

“Saya berpandangan bahwa Minutes FOMC pada akhir pekan ini belum akan menunjukan arah yang jelas terhadap kebijakan bank sentral AS nantinya. Namun penafsiran dari sejumlah analis ini yang nantinya lebih menggerakkan pasar. Dan ada jeda waktu dari FOMC minutes hingga menjelang keputusan bunga acuan pada pertengahan bulan depan,” terangnya.

Sehingga selama jeda waktu tersebut, tambahnya, besar kemungkinan pasar akan sangat volatile. Dan pelaku pasar akan terus terombang-ambing dengan sejumlah sentimen yang dikembangkan dari narasi analis keuangan. Disisi lain harga emas ditransaksikan sedikit menguat dikisaran $1.977 per ons troy pada perdagangan hari ini.

Harga emas saat ini ditransaksikan dikisaran Rp950 ribu per gramnya. Harga emas masih berkutat diangka yang tidak jauh berbeda di pekan ini.

“Emas sendiri juga masih harap-harap cemas dengan minutes yang akan disampaikan oleh Bank Sentral AS. Sekalipun punya fundamental yang masih cukup kuat menopang kenaikan dalam jangka panjang. Namun ketidakpastian ekonomi saat ini memicu tekanan dalam jangka pendek,” pungkasnya. (ram)