24/06/2024 9:59
NASIONAL

Ini Alasan Megawati Umumkan Ganjar jadi Capres PDIP di Hari Kartini

Fokusmedan.com : Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengungkapkan alasan mengumumkan calon Presiden pada tanggal 21 April 2023. Dia mengatakan, deklarasi Capres PDIPhari ini bertepatan dengan hari Kartini.

“Hari ini tepat tanggal 21 April 2023 bertepatan dengan hari Kartini, Raden Ajeng Kartini oleh Presiden Soekarno ditetapkan sebagai pahlawan kemerdekaan nasional. Beliau sosok pembebas dan perempuan pelopor perjuangan kaum perempuan. Bukan sekadar emansipasi bukan pula sekadar politik afirmatif, namun menyangkut hal mendasar terkait harkat dan martabat kaum perempuan,” kata Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat

Megawati menilai tanpa peran perempuan bangsa ini tidak bisa maju. Dia mengibaratkan seperti burung yang terbang dengan kepakan sayap yang patah bila tanpa perempuan.

“Tanpa perempuan sebenarnya kita tidak bisa maju karena dari sebuah pantun seperti burung Garuda melayang ke angkasa dengan kepak dua sayapnya yang sebelah kiri kanan adalah perempuan dan laki-laki kalau satu patah tidak bisa terbang. Apalagi perempuan maka burung garuda tidak bisa terbang ke angkasa,” kata Megawati.

 

Setelah melalui proses panjang, Megawati akhirnya memutuskan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden dari PDIP di Hari Kartini.

“Dengan sebuah kontemplasi proses panjang tersebut setelah selama ini memikirkan, melihat, dan mencermati apa yang menjadi harapan rakyat, setelah meminta petunjuk kepada Allah, maka hari Kartini dan sekaligus tonggak perjuangan kaum perempuan yang nondiskriminatif dan dijamin oleh konstitusi, maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillah, menetapkan Ganjar Pranowo sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Indonesia dari PDI Perjuangan,” tutup Megawati.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo merasa terhormat ditunjuk oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi calon Presiden dari PDIP. Ganjar menilai pengumuman tersebut merupakan momentum konsolidasi untuk bersatu.

“Sebuah kehormatan bagi saya. Di samping tentu ini tugas yang tidak mudah, maka kiranya kawan-kawan yang hadir semua ada kepala daerah, ketua DPD PDIP, DPC, PAC, anak ranting, dan lain-lain kami mohon dukungan, kami mohon kritikan saran, inilah momentum buat kita untuk konsolidasi kekuatan utk bersatu. one for all, all for one,” kata Ganjar.

 

Ganjar mengatakan, penunjukan sebagai Capres PDIP bukan penugasan pertamanya. Dia mengaku sudah berkali-kali ditugaskan dalam kontestasi politik oleh Megawati. Untuk itu, Ganjar berjanji akan berjuang sebaik mungkin sebagai Capres.

“Ibu memberikan amanat kepada saya yang jauh lebih berat, mudah-mudahan saya mampu, insyaAllah saya akan berjuang dengan baik sebagai capres,” ujar Ganjar.

Ganjar mengungkapkan, dirinya dibesarkan dan dididik oleh PDIP. Untuk itu, dia berjanji akan menjalankan semangat dan spirit dari Presiden pertama RI Soekarno. Kemudian, dia berjanji akan berjuang sebagaimana amanat UUD 1945.