21/06/2024 20:44
NASIONAL

Warga Muhammadiyah Lebaran Lebih Awal, Pemerintah Pastikan Fasilitasi Salat Idulfitri

Fokusmedan.com : Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa pemerintah memfasilitasi ibadah Salat Idulfitri bagi warga Muhammadiyah yang sudah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah lebih awal.

Diketahui, Pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Sabtu 22 April 2023. Sedangkan, Pengurus Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan Hari Raya Idulfitri jatuh pada hari Jumat 21 April 2023.

“Sudah difasilitasi, InsyaAllah sudah,” ujar Yaqut di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (20/4).

Tidak Ada Penolakan Izin Penggunaan Lapangan Salat Idulfitri

Yaqut memastikan tidak akan ada penolakan izin penggunaan lapangan untuk Salat Idulfitri bagi warga Muhammadiyah.

Yaqut menyebut penolakan pemberian izin lapangan Salat Idulfitri untuk warga Muhammadiyah yang sebelumnya dilakukan Pemerintah Kota Sukabumi dan Pekalongan sudah diselesaikan.

“Sudah diselesaikan semua, InsyaAllah sudah diselesaikan,” tutur Yaqut.

DPR Minta Keputusan Penetapan Lebaran Tak Dibawa ke Ranah Politik

Pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Sabtu 22 April 2023. Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi berpesan agar keputusan pemerintah itu tidak dibawa ke ranah politik.

“Sidang isbat ini adalah bagian dari penghormatan pemerintah terhadap umat Islam di Indonesia. Oleh karena itu keputusan sidang isbat ini tidak boleh dibawa kemana-mana, termasuk dibawa ke ranah politik,” kata Kahfi saat jumpa pers di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Kamis (20/4).

Menurutnya, hasil sidang isbat harus dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh ukhuwah di kalangan umat Islam.

“Semua pihak diharapkan untuk menghormati keputusan berbagai pihak dalam penentuan satu Syawal,” kata politikus PAN itu.

Diketahui, Pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023. Sedangkan, Pengurus Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan Hari Raya Idulfitri jatuh pada hari Jumat 21 April 2023.

Menurutnya, perbedaan hari raya Idulfitri seperti ini sudah sangat sering terjadi. Kata dia, hal ini tidak perlu diperdebatkan.

“Apalagi perdebatan tersebut mengarah pada debat kusir yang tidak perlu. masing-masing pihak pasti memiliki argumen syari dan ahli untuk membenarkan pandangannya,” ucapnya.

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal Hari Sabtu

Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Sabtu 22 April 2023. Ketetapan itu dikeluarkan berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama.

“Telah menetapkan 1 syawal 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu tanggal 22 April 2023,” kata Menag Yaqut saat konferensi pers di Kantor Kemenag , Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (20/4).

Yaqut menyebut, hasil ini juga dikonfirmasi oleh petugas Kemenag di 123 titik seluruh wilayah Indonesia.

Sidang isbat dipimpin secara tertutup oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas diikuti Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Sementara, berbeda dengan pemerintah, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat 21 April 2023. Ini berdasarkan hasil Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid.

Ketua PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar menjelaskan, penetapan tersebut didasari dengan penghitungan metode hisab wujudul hilal.(yaya)