14/06/2024 7:11
FOKUS MEDAN

PT KAI Divre I Sumut Lakukan Tes Narkoba pada Awak Sarana Perkeretaapian

PT KAI Divre I Sumut lakukan tes Narkoba pada ASP. Ist

Fokusmedan.com : Memastikan layanan kereta api di masa angkutan lebaran 2023 berjalan aman, nyaman dan selamat, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara telah melakukan segala persiapan. Dari segi sarana, prasarana, fasilitas penumpang, pengamanan hingga penyediaan tiket kepada pelanggan KA.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin mengatakan, PT KAI Divre I Sumut juga memastikan para awak sarana perkeretaapian (ASP) juga telah siap menjalankan dinas dengan aman pada masa angkutan lebaran 2023 melalui kegiatan tes narkoba secara acak. Kegiatan dilaksanakan berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara (BNNP Sumut) dan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara di Stasiun Medan, Selasa (18/4/2023).

Pemeriksaan tes narkoba ini diikuti 20 pekerja Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) yang terdiri dari Masinis, Asisten Masinis, Petugas Layanan Kereta, Teknisi Kereta Api dan Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA). Selain itu pemeriksaan tes urine juga dilakukan kepada petugas Polisi Khusus KA (Polsuska), serta Petugas Langsir.

“Pemeriksaan tes narkoba hari ini dilakukan di luar pemeriksaan rutin kepada ASP saat mereka akan melaksanakan dinas. Dengan menggandeng BNNP Sumut dan didampingi pihak Dishub Provinsi Sumatera Utara, kami ingin memberikan jaminan keamanan dan keselamatan perjalanan KA kepada para pelanggan KA, khususnya pada saat masa Angkutan Lebaran Tahun 2023,” ujar Anwar Solikhin.

Anwar menambahkan, diharapkan dengan dilakukannya pemeriksaan tes narkoba ini dapat meyakinkan bahwa ASP yang sedang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat dan performa terbaiknya sebagai garda terdepan perusahaan yang melayani penumpang secara langsung.

Selain itu, pemeriksaan tes narkoba ini juga sebagai bentuk penanggulangan penggunaan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (NAPZA) di lingkungan PT KAI Divre I Sumut.

Memasuki Angkutan Lebaran 2023 H-4, pada hari ini (18/4) di wilayah PT KAI Divre I Sumut sebanyak 7.716 tiket KA telah terjual untuk KA Jarak Jauh dan Lokal.

Secara total, jika dilihat dari data terupdate pemesanan tiket selama masa Angkutan Lebaran 2023 (12 April sampai 3 Mei 2023) di KAI Divre I Sumut telah terjual sebanyak 111.002 tiket, yang terbagi 76.096 tiket untuk KA Jarak Jauh dan 34.906 untuk KA Lokal dari tiket yang disediakan. Jumlah penjualan tiket tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara online.

Selain itu, berdasarkan data penjualan tiket tujuan favorit adalah Medan-Tanjung Balai dengan penjualanannya mencapai 49.639 tiket.(ng)