20/04/2024 4:14
Uncategorized

Ini Hasil Pertemuan Jokowi dan PM Ceko di Istana Bogor

Fokusmedan.com : Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan hasil pertemuannya dengan Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Jokowi menyebut, ada sejumlah kerja sama yang terjalin antar kedua negara.

“Tadi kami sudah berbicara tentang kerja sama perdagangan, kerja sama investasi, kerja sama pertahanan dan industri strategis, serta tentang Asean dan Indo-Pasifik,” kata Jokowi saat jumpa pers bersama Petr di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/4).

Kepada Fiala, Jokowi juga menyampaikan kebijakan Uni Eropa yang diskriminatif. Serta, mendorong penyelesaian negosiasi Indonesia-Comprehensive Economic Partnership Agreement (EU-CEPA).

“Saya juga menyampaikan terkait beberapa regulasi EU (Uni Eropa) yang diskriminatif dan pentingnya mendorong penyelesaian negosiasi Indonesia-EU CEPA,” ucapnya.

Berikutnya, Jokowi dan Fiala menjajaki kerja sama produksi antara industri strategis, transfer teknologi dan capacity building. Dia juga mengajak negara Ceko berinvestasi di Ibu Kota Negara Nusantara.

“Saya juga mengundang Ceko untuk berinvestasi di IKN Nusantara terutama di bidang transportasi massal ramah lingkungan,” katanya.

“Terakhir tentang rencana penyelenggaraan Asean Indo-Pasifik Infrastucture forum pada September 2023,” sambung Jokowi.

Jokowi menyebut, kedatangan PM Petr Fiala merupakan kunjungan pertama tingkat kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia.

Selain itu, para pengusaha Ceko juga hadir dalam kunjungan ini. Hal itu merefleksikan komitmen untuk membangun dan menguatkan kerja sama kedua negara.(yaya)