21/06/2024 22:11
GAYA HIDUP & KESEHATAN

7 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Ilustrasi ceri, salah satu minuman dan makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Shutthertock

Fokusmedan.com : Tak ada yang melarang Anda untuk ngemil di malam hari sebelum tidur. Namun, pilihan camilan sangat perlu diperhatikan.

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Makanan-makanan ini diklaim bisa bikin tidur jadi lebih nyenyak.

Pada dasarnya, setiap orang disarankan untuk makan di malam hari. Mengutip laman Sleep Foundation, beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan sebelum tidur dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Namun, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa makanan tertentu justru bisa membantu tidur jadi lebih nyenyak.

Makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur
Beberapa makanan dipercaya bisa membuat kualitas tidur jadi lebih baik. Berikut beberapa makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur, merangkum berbagai sumber.

1. Kacang almond
Mengutip Healthline, almond diklaim dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Pasalnya, almond dan beberapa jenis kacang lainnya merupakan sumber hormon melatonin yang bertugas untuk mendorong rasa kantuk.

Almond juga merupakan sumber magnesium yang baik. Asupan magnesium dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

2. Teh chamomile
Bukan rahasia lagi, kemampuan teh chamomile untuk memberikan efek tenang memang bisa membantu seseorang tertidur lebih cepat.

Secara khusus, teh chamomile mengandung apigenin. Nama terakhir merupakan senyawa antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak, yang dapat meningkatkan rasa kantuk dan mengatasi insomnia.

Studi terhadap 34 orang dewasa pada 2011 lalu menemukan, konsumsi 270 miligram ekstrak chamomile dua kali sehari membantu tidur 15 menit lebih cepat. Mereka juga ditemukan lebih sedikit terbangun di malam hari.

3. Kiwi
Studi terhadap 24 orang dewasa menemukan asupan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur membuat partisipan tidur 42 persen lebih cepat.

Tak cuma itu, total waktu tidur partisipan juga meningkat 13 persen.

Efek tidur pada kiwi dikaitkan dengan serotonin atau senyawa kimia di otak yang mengatur siklus tidur.

4. Jus ceri
Jus ceri asam dikenal dapat meningkatkan rasa kantuk. Jus satu ini juga telah dipelajari perannya dalam meredakan insomnia.
Efek ini didapat karena tingginya jumlah melatonin dalam jus ceri.

Dengan begitu, jus ceri jadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur.

5. Kacang kenari
Beberapa penelitian mengklaim bahwa asupan kenari dapat meningkatkan kualitas tidur. Kenari disebut-sebut sebagai salah satu sumber melatonin terbaik.

Susunan asam lemak pada kenari juga dapat berkontrobusi pada kualitas tidur yang lebih baik.

Kenari mengandung asam alfa-linolenat (ALA), asam lemak omega-3 yang diubah menjadi docosahexanoic acid (DHA) di dalam tubuh. DHA sendiri diketahui dapat meningkatkan produksi serotonin yang dapat memberikan efek tenang.

6. Pisang
Meski umum dikenal sebagai buah pendorong energi, namun pisang kaya akan magnesium. Mengutip The Independent, kandungan satu ini dapat membantu melemaskan otot.

Selain itu, pisang juga mengandung serotonin dan melatonin. Keduanya berperan besar dalam meningkatkan kualitas tidur.

7. Madu
Satu sendok teh madu saja cukup untuk merangsang pelepasan melatonin di otak dan mematikan orexin atau hormon yang membuat seseorang selalu waspada.

Dengan begitu, madu bisa jadi makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Madu dapat membantu Anda untuk bersantai sebelum tidur. (ram)