14/06/2024 7:13
INTERNASIONAL

Polisi Tangkap 5 Tersangka Pelaku Ritual Persembahan Manusia di Kuil India

Ilustrasi Kuil di india. The Gurdian

Fokusmedan.com : Kepolisian India menangkap lima orang tersangka pelaku ritual persembahan manusia di kuil Guwahati yang sempat menggegerkan negara itu tiga tahun lalu.

Komisioner kepolisian daerah Guwahati, Diganta Barah, mengatakan kelima orang itu terlibat dalam pembunuhan terhadap perempuan yang menjadi persembahan, Shanti Shaw.

“Kelima orang itu merencanakan pembunuhan perempuan tersebut. Total 12 orang ikut ambil bagian,” ujar Barah pada Selasa (4/4), seperti dikutip AFP di laman CNN.

Kelima orang itu dibekuk di hari yang berbeda-beda antara 25 Maret dan 1 April. Kini, polisi juga masih memburu tujuh tersangka lainnya.

Barah mengungkap bahwa pemimpin kelompok itu, Pradeep Pathak, merupakan otak dari pembunuhan itu. Pathak menganggap pembunuhan itu sebagai ritual untuk memperingati kematian saudaranya.

“Tersangka tampaknya meyakini pengorbanan dapat menenangkan jiwa yang meninggal,” ucap Barah.

Para tersangka menjalankan aksinya pada 2019 lalu. Saat itu, mereka memenggal kepala Shaw menggunakan parang setelah korban berkunjung ke kuil di Guwahati.

Saat itu, polisi menemukan tubuh Shaw di lokasi. Namun, proses identifikasi tubuh itu baru rampung pada Januari lalu.

Kepolisian pun baru mulai menyelidiki lebih dalam kasus tersebut. Mereka memburu pelaku yang akhirnya mengerucut ke 12 orang. (ram)