24/06/2024 0:30
Uncategorized

Dishub Prediksi 2,3 Juta Pemudik Kembali dan 4,4 Juta Orang Berangkat ke Sumut

Ilustrasi mudik dengan menggunakan moda transportasi kereta api. Antara

Fokusmedan.com : Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara memprediksi mobilitas pemudik pada arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Di mana, sekitar 4,4 juta pemudik akan tinggalkan Sumut dan sekitar 2,3 juta akan kembali ke provinsi ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumut, Agustinus menjelaskan Sumatera Utara peringkat ke-5 daerah asal pemudik, terbanyak setelah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jabodetabek, dan Jawa Barat.

“Potensi pergerakan pemudik secara nasional 123,8 juta,” ucap Agustinus, Kamis (6/4/2023).

Dalam pemaparannya dalam Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2023 di Sumut. Agustinus menjelaskan
Sumut peringat ke-6, daerah tujuan perjalanan, terbanyak setelah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jabodetabek dan DI Yogyakarta.

Selain itu, pihak Dishub Sumut juga tengah melakukan perhitungan potensi perjalan pemudik antar Kabupaten/Kota dalam provinsi di Sumut.

“Itu juga yang tadi, ditambah dengan pergerakan yang internal-internal di Kabupaten/Kota yang ada di Sumut,” kata Agustinus.

Untuk diketahui, arus mudik berlangsung sejak 17 hingga 21 April 2023 dan puncak arus mudik pada 20-21 April 2023. Arus balik pertama, 24 hingga 26 April 2023 dan arus balik kedua, 29 April hingga 2 Mei 2023.

Dengan itu, Agustinus mengatakan pihaknya juga mempersiapkan pelayanan transportasi yang akan digunakan pemudik, seperti Bus, Kereta Api, Pesawat hingga Kapal Laut sebagai moda perjalanan pemudik.

“Kita pastikan itu, kapasitasnya angkutan masih memadai dengan yang tersedia, baik angkutan jalan kereta api, penyeberang angkutan laut kita dan udara,” jelas Agustinus.

Agustinus mengimbau masyarakat akan melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi, atau mobil. Untuk memastikan kelayakan kenderaannya untuk dijadikan transparan mudik.

“Kemudian, patuhi peraturan lalulintas, melihat jam untuk mengemudi. Selalu istirahat di rest area, jangan menggunakan sepada motor dan menggunakan armada yang berizin,” ucap Agustinus. (ram)