18/04/2024 16:45
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Kontes Guru SMK Regional Sumut 2023 Lahirkan Tenaga Ajar Terbaik

Fokusmedan.com : Melanjutkan komitmen semangat sinergi bagi negeri meningkatkan kompetensi guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Sumatera Utara (Sumut) kembali dilakukan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda dengan melakukan seleksi kepada puluhan tenaga pengajar unggul dan kreatif SMK Mitra Binaan AHM se-Sumut.

Melalui rangkaian aktivitas Festival Satu Hati Vokasi bertajuk “ Kontes Guru SMK Regional Sumut 2023 “ yang berlangsung pada 20 Maret 2023 di Indako Development Center (IDC) Jl. H. Adam Malik no. 76/88 Medan, Honda menghadirkan keseruan pada pelaksanaan kontes yang menghadirkan ketatnya persaingan antar peserta.

Sepanjang kontes berlangsung, Para guru ditantang untuk menyelesaikan beragam materi uji kompetensi praktek meja yang terdiri dari 5 sesi yaitu general, Engine, Electrical System, Fuel System, dan Chasis. Dimana Honda menguji kemampuan para peserta dalam mengukur diameter cylinder, merakit komponen CVT, membaca MIL/system PGM-FI, reset ECM dan reset TP, serta penyetelan rem CBS yang masing-masing sesi dijalani peserta dengan durasi 7 menit.

Selain praktek meja, para peserta juga diuji kemampuannya dalam melakukan proses mengajar praktek yang dimana dengan modul yang telah ditentukan yaitu prosedur mengukur tekanan pompa bahan bakar Honda BeAT PGM-FI dengan durasi 15 menit, para peserta tampak bersemangat dan antusias menunjukkan kualitas terbaiknya.

Setelah melalui proses penilaian, akhirnya terpilih 3 guru terbaik yang masing-masing berhasil diraih oleh M. Harris Zuhud yang berasal dari SMKS Mandiri Deli Serdang sebagai juara I, sedangkan untuk juara ke-II berhasil diraih oleh Sugianto yang berasal dari SMKS Raudlatul Uluum 2 Aek Nabara, dan juara ke-III sukses diraih Dimas Swandi Sumekar yang berasal dari SMKS Budi Agung Medan.

M. Harris Zuhud mengungkapkan, sangat bersyukur dapat terpilih menjadi yang terbaik dalam ajang kontes guru SMK Regional Sumut 2023. Baginya prestasi ini menjadi salah satu penghargaan terbaik dan akan semakin memacu semangat untuk mendedikasikan ilmu di bidang teknik sepeda motor kepada para anak didiknya di SMK.

Sementara itu Min Hian, Technical Service Manager PT Indako Trading Coy mengungkapkan, berbagai inovasi berupaya terus digulirkan untuk tetap menjaga kualitas guru, khususnya di SMK yang menerapkan kurikulum TBSM Astra Honda. Salah satunya adalah dalam memacu kreativitas guru yang menjadi ujung tombak proses belajar-mengajar agar semakin adaptif dengan situasi dan perkembangan teknologi.

“Melalui ajang bergengsi ini, dengan semangat Satu Hati sinergi bagi negeri Honda ingin tetap hadir dengan memfasilitasi upaya menjaga kompetensi guru di dunia vokasi untuk berkontribusi secara nyata melahirkan para generasi milenial yang cerdas, professional dan berani menjawab tantangan di masa depan, “ ujar Min Hian.(ril)